Pembuatan adsorben komposit dari kombinasi alginat dan kerangka-logam-organik berbasis Fe untuk pemulihan fosfat dari air

Sugijanto, Eric Alvares and Tantoro, Stanley (2022) Pembuatan adsorben komposit dari kombinasi alginat dan kerangka-logam-organik berbasis Fe untuk pemulihan fosfat dari air. Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium (FT-Kimia)). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ERIC ALVARES.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 ERIC ALVARES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kadar fosfat dalam tanah seringkali terjadi karena proses pelepasan fosfat dari batuan fosfat memerlukan jangka waktu yang panjang, hal ini menjadikan penggunaan pupuk yang mengandung fosfat merupakan hal yang umum untuk menyuplai kebutuhan tanaman akan fosfat. Di sisi lain, penggunaan pupuk mengandung fosfat secara terus-menerus menjadi pemicu kontaminasi air oleh fosfat, yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan eutrofikasi. Pemulihan senyawa fosfat dari air dengan metode adsorpsi dapat menjadi solusi dalam mengatasi kontaminasi fosfat dalam air, adsorben yang mengandung fosfat selanjutnya dapat dimanfaatkan kembali sebagai sumber fosfat untuk mengatasi masalah penipisan fosfat dalam tanah. Dalam penelitian ini, digunakan adsorben komposit yang menggabungkan kerangka-logam-organik (MOF) berbasis logam Fe(III) dengan alginat (Alg), adsorben yang disiapkan antara lain Fe@Alg, MIL100Fe@Alg, MIL101Fe@Alg. Adsorpsi fosfat oleh adsorben diuji dengan menggunakan limbah fosfat sintetik. Hasil percobaan menunjukkan bahwa adsorpsi fosfat oleh ketiga jenis hidrogel terjadi secara optimum pada pH 6 dan suhu 30°C, dan kondisi setimbang tercapai setelah 8 jam. Ketiga hidrogel mengikuti kinetika adsorpsi pseudo orde 1 yang menandakan adanya gaya elektrostatis antara fosfat dengan Fe. Hasil studi isoterm adsorpsi menunjukkan data kesetimbangan adsorpsi lebih cocok dideskripsikan oleh persamaan isoterm Langmuir, dimana kapasitas adsorpsi maksimum hidrogel Fe@Alginat, MIL100Fe@Alginat, dan MIL101Fe@Alginat berturut-turut adalah 75,244 mg/g, 103,4134 mg/g, dan 109,439 mg/g. Dalam penelitian ini juga dilakukan percobaan kinetika dan isoterm adsorpsi fosfat oleh bubuk MOF dengan kondisi sama (pH 6 dan suhu 30˚C) sebagai pembanding. Adsorpsi fosfat oleh kedua bubuk MOF juga selesai dalam waktu 8 jam dimana kapasitas adsorpsi MIL100Fe adalah 60,36 mg/g, sedangkan kapasitas maksimum MIL101Fe adalah 70,26 mg/g. Daya adsorpsi (%Removal) dari hidrogel mengalami penurunan drastic setelah cycle kedua. Adsorben yang memuat fosfat juga mengalami fotoreaksi yang mengakibatkan fosfat lepas secara berkala. Fosfat yang dilepas setelah hidrogel terkena sinar matahari selama 6 jam adalah ±6% untuk Fe@Alg, ±2% untuk MIL100Fe@Alg dan MIL101Fe@Alg.

Item Type: Monograph (Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium (FT-Kimia)))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Santoso, Shella Permatasari
NIDN0709119004
shella@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Wijaya, Christian Julius
NIDN0719079501
christian_wijaya@ukwms.ac.id
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 10864 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:59
Last Modified: 12 Oct 2022 03:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29877

Actions (login required)

View Item View Item