Analisis framing berita hasil investigasi komnas HAM terhadap tewasnya 6 laskar FPI di media okezone.com, tribunnews.com, dan kompas.com pada tanggal 14 Januari 2021

Sonjaya, Richard Samuelle (2022) Analisis framing berita hasil investigasi komnas HAM terhadap tewasnya 6 laskar FPI di media okezone.com, tribunnews.com, dan kompas.com pada tanggal 14 Januari 2021. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAKrev.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (975kB)

Abstract

Penelitian kali ini adalah Analisis Framing Berita Hasil Investigasi Komnas HAM Terhadap Tewasnya 6 Laskar FPI di Media Okezone.com, Tribunnews.com, Dan Kompas.com Pada Tanggal 14 Januari 2021. Pada tanggal 14 Januari 2021, Komnas HAM mengumumkan hasil investigasinya terhadap tewasnya 6 laskar FPI yang kemudian diliput segala media, salah satunya Okezone.com, Tribunnews.com dan Kompas.com. Peneliti memilih fenomena ini untuk melihat bagaimana Okezone.com, Tribunnews.com dan Kompas.com membingkai berita tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki untuk meneliti berita hasil investigasi Komnas HAM terhadap tewasnya 6 laskar FPI di media Okezone.com, Tribunnews.com dan Kompas.com pada tanggal 14 Januari 2021. Eriyanto mengatakan bahwa berita yang dibaca khalayak tidak sepenuhnya hanya menggambarkan realitas atau pendapat sumber berita, melainkan konstruksi dari media. Hasil dari penilitian kali ini adalah Okezone.com yang merupakan bagian dari MNC Group milik Hary Tanoesudibjo yang adalah koalisi Presiden menekankan bahwa kepolisian tidak melakukan pelanggaran HAM berat, berbeda dengan Tribunnews.com dan Kompas.com yang merupakan bagian dari Kompas Gramedia Group yang menunjunjung humanis membingkai dengan kepolisian melakukan tindakan “unlawfull killing”, dan menekankan keadilan bagi pihak FPI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
theresiaintan@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
maria_yuliastuti@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Analisis framing, zhongang pan dan gerald m. kosicki, okezone.com, tribunnews.com dan kompas.com.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 9956 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:11
Last Modified: 22 Apr 2022 06:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29748

Actions (login required)

View Item View Item