Kampanye pengasuhan positif melalui buku kecil (Booklet) kepada orangtua dari anak prasekolah di Surabaya

Sumargi, Agnes Maria, Prasetyo, Eli and Adhyatma, Made Dharmawan Rama (2021) Kampanye pengasuhan positif melalui buku kecil (Booklet) kepada orangtua dari anak prasekolah di Surabaya. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (1). pp. 140-146. ISSN 2614-7424

[thumbnail of Kampanye pengasuhan positif melalui buku kecil (Booklet) kepada orangtua dari anak prasekolah di Surabaya] Text (Kampanye pengasuhan positif melalui buku kecil (Booklet) kepada orangtua dari anak prasekolah di Surabaya)
Kampanye_final.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Banyak orangtua mengalami kesulitan untuk menangani perilaku anak. Oleh karena itu, kampanye pengasuhan positif melalui penyebaran booklet dilakukan untuk meningkatkan pemahaman orangtua dan mendorong penerapan strategi pengasuhan positif. Booklet dibuat dalam dua bentuk. Booklet versi cetak disebarkan kepada orangtua di dua sekolah PG/TK di Surabaya, dan booklet versi elektronik disebarluaskan melalui pesan WhatsApp. Enam puluh sembilan orangtua mengisi survei berisikan pertanyaan-pertanyaan evaluasi terkait dengan booklet. Mayoritas menyatakan bahwa pengetahuan mereka mengenai pengasuhan anak bertambah dan mereka berniat untuk menerapkan tips pengasuhan positif yang tercantum pada booklet. Sebagian orangtua bermaksud untuk meluangkan lebih banyak waktu bersama dengan anak, lebih memperhatikan lagi perilaku anak, dan ingin meningkatkan kerjasama dengan pengasuh anak lainya. Secara umum, orangtua merasa mendapatkan manfaat dari membaca booklet dan mendukung pengembangan booklet lebih lanjut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Buku kecil (booklet), kampanye, pengasuhan positif.
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Agnes Maria Sumargi
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:18
Last Modified: 07 Apr 2022 03:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29728

Actions (login required)

View Item View Item