Gaya pengasuhan orangtua dengan perilaku bermasalah pada anak taman kanak-kanak (TK)

Tyas, Amadhea Septining and Sumargi, Agnes Maria (2019) Gaya pengasuhan orangtua dengan perilaku bermasalah pada anak taman kanak-kanak (TK). Experientia, 7 (1). pp. 11-18. ISSN 2252-7702

[thumbnail of Gaya pengasuhan orangtua dengan perilaku bermasalah pada anak taman kanak-kanak (TK)] Text (Gaya pengasuhan orangtua dengan perilaku bermasalah pada anak taman kanak-kanak (TK))
Gaya Pengasuhan final.pdf

Download (741kB)
[thumbnail of Gaya pengasuhan orangtua dengan perilaku bermasalah pada anak taman kanak-kanak (TK)] Text (Gaya pengasuhan orangtua dengan perilaku bermasalah pada anak taman kanak-kanak (TK))
12-Gaya_pengasuhan_orangtua_hasil cek similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak-anak usia dini kerap menunjukkan perilaku bermasalah seperti berkelahi dan menyakiti orang lain serta menunjukkan kecemasan. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku bermasalah adalah gaya pengasuhan orangtua. Secara teoritis, gaya pengasuhan terbagi menjadi gaya pengasuhan otoritatif, otoriter, dan permisif. Gaya pengasuhan otoriter dan permisif cenderung mempengaruhi anak secara negatif, sedangkan gaya pengasuhan otoritatif mempengaruhi anak secara positif. Penelitian mengenai gaya pengasuhan dan perilaku bermasalah anak usia dini relatif masih kurang, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan gaya pengasuhan orangtua dengan perilaku bermasalah anak TK. Subjek dalam penelitian ini adalah 71 orangtua dari anak yang bersekolah di TK X dan TK Y Surabaya. Alat ukur yang digunakan berupa skala yang diisi orangtua, yakni Parenting Style and Dimension Questionnaire (PSDQ) untuk mengungkap gaya pengasuhan orangtua dan Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ) untuk mengungkap perilaku bermasalah anak. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi antara gaya pengasuhan otoritatif dengan perilaku bermasalah pada anak sebesar -0,049, p = 563 (p > 0,05), sedangkan korelasi antara gaya pengasuhan otoriter dengan perilaku bermasalah anak adalah sebesar 0,336, p = 0,000 (p < 0,05) dan korelasi antara gaya pengasuhan permisif dengan perilaku bermasalah pada anak adalah sebesar 0,267, p = 0,002 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan hanya gaya pengasuhan otoriter dan permisif yang memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku bermasalah pada anak TK. Semakin sering orangtua menggunakan gaya pengasuhan otoriter dan permisif, maka semakin tinggi tingkat perilaku bermasalah anak, dan sebaliknya, semakin jarang orangtua menggunakan gaya pengasuhan otoriter dan permisif, maka semakin rendah pula tingkat perilaku bermasalah anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini, gaya pengasuhan orangtua, perilaku bermasalah.
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Agnes Maria Sumargi
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:51
Last Modified: 12 Oct 2023 06:57
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29716

Actions (login required)

View Item View Item