Mulyono, Julius and Mulyono, Joko (2014) Pengukuran kepuasan siswa terhadap layanan pendidikan (studi kasus di SMA "W" Surabaya). In: Seminar Nasional Teknik Industri 2014, 2-4 September 2014, Bukittinggi, ISBN : 978-602-9081-11-4.
Text (Pengukuran kepuasan siswa terhadap layanan pendidikan (studi kasus di SMA "W" Surabaya))
23 Pengukuran Kepuasan Siswa terhadap Layanan Pendidikan.pdf Download (11MB) |
Abstract
Kualitas adalah salah satu faktor penting bagi suatu organisasi untuk mempertahankan diri dalam kompetisi. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan kualitas produk (barang atau jasa) adalah persepsi atau harapan konsumen terhadap manfaat produk tersebut. Layanan pendidikan adalah salah satu layanan/jasa dengan konsumen utama para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan layanan pendidikan di suatu sekolah, termasuk atribut-atribut layanan yang perlu ditingkatkan. Pendapat konsumen, dalam hal ini para siswa, didapat melalui kuesioner untuk menilai berbagai layanan yang diberikan oleh sekolah. Data yang diolah merupakan pendapat 80% dari 262 siswa untuk memberi penilaian kepada 28 atribut layanan. Model Kano yang digunakan menunjukkan ada 3 atribut perlu ditingkatkan dan 19 atribut sudah memuaskan para siswa. Keunggulan sekolah terdapat pada atribut Ketersediaan Guru dan Kesesuaian Latar Belakang Guru terhadap Mata Pelajaran yang Diasuh. Kedua atribut ini masuk pada kategori Attraxtive
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas jasa, pendidikan, siswa, model, kano, keunggulan |
Subjects: | Engineering Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Proceeding > Faculty of Engineering |
Depositing User: | Ana Pancaringtias |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 06:07 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 06:07 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29649 |
Actions (login required)
View Item |