Perbaikan kualitas proses pewarnaan kulit domba di PT. Massyindo Gemilang

Mulyono, Julius and Mulyono, Ig. Joko (2011) Perbaikan kualitas proses pewarnaan kulit domba di PT. Massyindo Gemilang. In: Seminar Nasional Ritektra Riset & Teknologi Terapan 2011, 7-8 Juli 2011, Jakarta, ISBN : 978-602-97094-3-8.

[thumbnail of Perbaikan kualitas proses pewarnaan kulit domba di PT. Massyindo Gemilang] Text (Perbaikan kualitas proses pewarnaan kulit domba di PT. Massyindo Gemilang)
21 Perbaikan Kualitas Proses Pewarnaan Kulit Domba.pdf

Download (6MB)

Abstract

PT. Massyindo Gemilang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penghasil lembaran kulit domba. Dua kriteria kualitas kulit domba adalah penyerapan warna dan kesesuaian warna. Proses pewarnaan kulit domba saat ini menghasilkan banyak kecacatan, baik penyerapan maupun kesesuaian warna yang tidak sesuai dengan standart yang ditetapkan. Dalam penelitian ini di lakukan eksperimen untuk mencari standart proses yang dapat menghasilkan kualitas pewarnaan yang baik. Metode yang digunakan adalah metode desain eksperimen full factorial. Dari hasil eksperimen diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi respon penyerapan warna yaitu faktor lama perendaman bahan kimia corilene lvin dan faktor lama perendaman bahan kimia doranil brown. Sedangkan faktor yang dapat mempengaruhi respon kesesuaian warna yaitu faktor lama perendaman bahan kimia corilene lvin, faktor lama perendaman bahan kimia doranil brown dan faktor kecepatan putar drum stainless steel. Sedangkan kondisi yang memberikan hasil terbaik untuk kedua kriteria kualitas adalah perendaman bahan kimia corilene lyin 40 menit, perendaman doranil brown 90 menit, kecepatan putar drum stainless steel 22 Rpm.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kulit domba, perbaikan kualitas, desain eksperimen
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Proceeding > Faculty of Engineering
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:59
Last Modified: 23 Mar 2022 05:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29646

Actions (login required)

View Item View Item