Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Studi Kasus di Kota Surabaya

Chandra, Daniel Hartono Wibowo, Mulyono, Julius, Mulyana, Ig. Jaka ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4910-3409 and Sudaryanto, Yohanes (2021) Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Studi Kasus di Kota Surabaya. In: Seminar Nasional Teknik dan Manajemen Industri dan Call for Paper (SENTEKMI 2021), 11 November 2021, Bandung, Indonesia.

[thumbnail of Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Studi Kasus di Kota Surabaya] Text (Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Studi Kasus di Kota Surabaya)
8p-Analisis_faktor_penggunaan_dompet_.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Studi Kasus di Kota Surabaya_peer_review_] Text (Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Studi Kasus di Kota Surabaya_peer_review_)
8p-R1&2-Analisis_faktor_penggunaan_dompet_Bambang.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Studi Kasus di Kota Surabaya] Text (Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Studi Kasus di Kota Surabaya)
8p-Analisis_faktor_penggunaan_dompet_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Studi Kasus di Kota Surabaya_Koresponden_] Text (Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Studi Kasus di Kota Surabaya_Koresponden_)
9T. Analisis Faktor Penggunaan Dompet_Koresponden_.pdf

Download (154kB)

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut segala sesuatu dilakukan serba cepat, praktis, dan efektif efisien. Hadirnya dompet digital menggunakan sistem elektronik berbasis internet, sistem kerja dapat meringkas segala transaksi keuangan dibandingkan dengan transaksi konvensional. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan penggunaan dompet digital di Kota Surabaya, dengan melakukan analisis cluster pada profil responden yang didapat dan analisis diskriminan untuk menemukan perbedaan tiap cluster. Dilakukan analisis faktor dari variabel-variabel yang telah ditentukan sehingga didapatkan hasil kemudahan, kemampuan finansial, kecepatan bertransaksi, keamanan, promosi, dan pengaruh sosial berpengaruh terhadap pemilihan penggunaan dompet digital. Terbentuk 2 cluster responden, sedangkan yang menjadi pembeda adalah tingkat penghasilan oleh konsumen.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: https://sentekmi.maranatha.edu/index.php/sentekmi2021/article/view/77
Uncontrolled Keywords: analisis cluster; analisis faktor; dompet digital; kemampuan finansial; kemudahan
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:12
Last Modified: 21 Sep 2022 04:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29605

Actions (login required)

View Item View Item