Model Eoq dengan Mempertimbang-kan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food

Munawaroh, Nandatul, Sianto, Martinus E. and Mulyana, Ig. Jaka (2021) Model Eoq dengan Mempertimbang-kan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food. Model Eoq dengan Mempertimbang-kan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food, 20 (1). pp. 46-53. ISSN ISSN 1412-7350, eISSN 2621-3362-Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 5

[thumbnail of Model Eoq dengan Mempertimbang-kan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food] Text (Model Eoq dengan Mempertimbang-kan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food)
2. Model_EOQ_dengan_mempertimbangkan_.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of Model Eoq dengan Mempertimbang-kan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food_peer_review_] Text (Model Eoq dengan Mempertimbang-kan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food_peer_review_)
2. R1&2-Model_EOQ_dengan_mempertimbangkan_, Bambang.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of Model Eoq dengan Mempertimbang-kan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food] Text (Model Eoq dengan Mempertimbang-kan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food)
2. Model_EOQ_dengan_mempertimbangkan_(Ig.Joko)_Hasil Cek Similarity (1).pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Model Eoq dengan Mempertimbang-kan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food_Koresponden_] Text (Model Eoq dengan Mempertimbang-kan Faktor Kedaluwarsa dan All Unit Discount Pada Produk Frozen Food_Koresponden_)
3T-Model Eoq dengan Mempertimbangkan_Koresponden_.pdf

Download (377kB)

Abstract

Persediaan berkaitan dengan penyimpanan bahan baku/barang setengah jadi/barang jadi untuk dapat memastikan lancarnya suatu sistem produksi atau kegiatan bisnis bagi suatu perusahaan/industri. Bagi perusahaan/industri yang bergerak dalam menghasilkan produk perishable (penurunan nilai setelah waktu tertentu), seperti pada perusahaan/industri makanan dan bahan kimia, masa kedaluwarsa bahan baku/barang merupakan faktor penting yang tidak dapat dilepaskan dalam perencanaan model persediaan. Model EOQ (Economic Order Quantity) adalah sebuah metode persediaan barang yang dapat digunakan untuk mengetahui berapa jumlah persediaan terbaik yang dibutuhkan perusahaan untuk menjaga kelancaran proses produksinya. PT. X merupakan perusahaan distributor produk frozen food. PT. X memiliki 64 jenis produk yang disimpan didalam gudang sebagai persediaan. Dalam prakteknya, perusahaan seringkali menerima penawaran diskon dari supplier dalam pembelian barang dalam jumlah yang banyak. Sehingga persediaan menjadi menumpuk, tidak habis terjual dan menjadi barang kedaluwarsa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan waktu dan jumlah pemesanan yang optimum untuk meminimumkan total biaya persediaan. Dari hasil perhitungan terlihat bahwa dengan menggunakan metode Economic Order Quantity maka akan terjadi penghematan biaya sebesar Rp 92.434.773 atau sebesar 21% dibandingkan dengan kondisi perusahaan yang sekarang.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 5
Uncontrolled Keywords: all unit discount, EOQ, masa kedaluwarsa, meminimumkan biaya, produk perishable
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 09 Mar 2022 08:05
Last Modified: 21 Sep 2022 04:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29592

Actions (login required)

View Item View Item