Penentuan Strategi Penurunan Food Waste dengan Menggunakan Simulasi: Studi Kasus Industri Donut

Putra, Juvaldo Hastomo, Mulyana, Ig. Jaka and Gunawan, Ivan (2020) Penentuan Strategi Penurunan Food Waste dengan Menggunakan Simulasi: Studi Kasus Industri Donut. Penentuan Strategi Penurunan Food Waste dengan Menggunakan Simulasi: Studi Kasus Industri Donut, 19 (2). pp. 80-86. ISSN ISSN 1412-7350, eISSN 2621-3362 - Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 5

[thumbnail of Penentuan Strategi Penurunan Food Waste dengan Menggunakan Simulasi: Studi Kasus Industri Donut] Text (Penentuan Strategi Penurunan Food Waste dengan Menggunakan Simulasi: Studi Kasus Industri Donut)
1. Penentuan_strategi_penurunan_.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of Penentuan Strategi Penurunan Food Waste dengan Menggunakan Simulasi: Studi Kasus Industri Donut_peer_review_] Text (Penentuan Strategi Penurunan Food Waste dengan Menggunakan Simulasi: Studi Kasus Industri Donut_peer_review_)
1. R1&2-Penentuan_strategi_penurunan_, Bambang.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of Penentuan Strategi Penurunan Food Waste dengan Menggunakan Simulasi: Studi Kasus Industri Donut] Text (Penentuan Strategi Penurunan Food Waste dengan Menggunakan Simulasi: Studi Kasus Industri Donut)
1. Penentuan_strategi_penurunan_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Penentuan Strategi Penurunan Food Waste dengan Menggunakan Simulasi: Studi Kasus Industri Donut_Koresponden_] Text (Penentuan Strategi Penurunan Food Waste dengan Menggunakan Simulasi: Studi Kasus Industri Donut_Koresponden_)
2T-Penentuan Strategi Penurunan Food_Koresponden_.pdf

Download (2MB)

Abstract

Food waste adalah isu global yang saat ini menjadi pusat perhatian masyarakat dunia. Mulai dari negara berkembang hingga negara maju mencoba mengembangkan berbagai metode atau pendekatan untuk berkontribusi dalam menyelesaikan masalah ini. Adanya food waste pada suatu industri merupakan indikasi dari sistem produksi makanan dan konsumsi yang unsustainable. Hal ini akan berujung pada masalah berupa rendahnya margin total pada produk makanan dan biaya operasi yang semakin tinggi. Dalam penelitian ini, dilakukan percobaan mereduksi food waste dengan adanya studi kasus pada store-level dengan simulasi monte carlo pada salah satu toko roti waralaba internasional di Surabaya. Dilakukan analisis pada penjualan suatu toko roti waralaba. Lalu, di bentuk template yang sesuai dengan memperhitungkan jumlah waste dan lost sales (TW/TU) dan biaya yang dikeluarkan (TLS dan TWC). Template ini digunakan untuk simulasi dengan jumlah running setara 3 bulan. Berdasarkan analisa hasil simulasi awal maka di bentuk 3 skenario yang mungkin diterapkan, yaitu pengubahan sistem pengiriman batch, perubahan sistem peramalan, dan terakhir kombinasi dari keduannya. Berdasarkan hasil skenario yang dibuat, didapatkan bahwa gabungan metode peramalan winter-method dengan kebijakan pengiriman 2 kali sehari dengan syarat pengiriman berupa inventory harus kurang 20% dari batch sekali kirim. Dengan skenario ini didapati hasil rata-rata per hari berupa waste sejumlah 707 buah produk dengan total pemasukan Rp91.035.686, waste cost sebesar Rp1.542.22, lost sales sebesar Rp1.248.371

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 5
Uncontrolled Keywords: Food waste, Simulasi, Monte carlo, Forecasting
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:47
Last Modified: 21 Sep 2022 04:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29591

Actions (login required)

View Item View Item