Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Atas Pengelolaan Kas Pada Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik

Wijanarko, Thomas Aquinas (2019) Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Atas Pengelolaan Kas Pada Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik. Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Atas Pengelolaan Kas Pada Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik Wates, 7 (3). pp. 1-17. ISSN 2302-1500-Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi

[thumbnail of Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Atas Pengelolaan Kas Pada Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik Wates] Text (Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Atas Pengelolaan Kas Pada Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik Wates)
2-Evaluasi_sistem_pengendalian_.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Atas Pengelolaan Kas Pada Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik Wates_peer_review_] Text (Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Atas Pengelolaan Kas Pada Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik Wates_peer_review_)
2-R1&2-Evaluasi_sistem_pengendalian_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Atas Pengelolaan Kas Pada Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik Wates] Text (Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Atas Pengelolaan Kas Pada Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik Wates)
2-Evaluasi_sistem_pengendalian_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (3MB)

Abstract

Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik mengusahakan peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan paroki. Namun, komponen pengendalian internal kas yang diupayakan oleh Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik belum berfungsi dengan baik. Hal ini ditunjukan dengan adanya beberapa indikasi yakni tidak adanya pemeriksaan rutin terkait pengelolaan keuangan baik internal dan eksternal, serta sering terjadinya keterlambatan pelaporan keuangan. Berdasarkan ke-jadian tersebut, evaluasi prosedur dan pelaksanaan pengendalian internal atas pengelolaan kas dengan standar perlu dilakukan. Tujuan dari penelitian ini ialah mengevaluasi dan menganalisa penyebab ketidaksesuaian sistem pengendalian internal dengan komponen pengendalian internal Committee of Sponsoring Organi-zations of the Treadway Commission (COSO) sehingga dapat ditentukan upaya-upaya perbaikan yang harus dilakukan. Standar yang digunakan terkait implementasi sistem pengendalian internal ialah komponen pengendalian internal yang ditetapkan oleh Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara studi literatur, wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Evaluasi yang telah dilakukan menunjukan bahwa sistem pengendalian internal yang dilakukan oleh Paroki Santa Maria Bunda Penasihat Baik secara keseluruhan kurang memadai dengan standar pengendalian internal COSO. Hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa komponen pengendalian yang cukup memadai dan belum memadai. Komponen pengendalian internal yang belum mema-dai ialah aktivitas pengendalian. Hal tersebut diakibatkan oleh penyimpanan kas yang rawan dicuri, mekanisme kas kecil yang tidak berjalan, belum digunakannya penggunaan bon sementara, adanya inkonsistensi penggunaan dokumen, otorisasi bukti pendukung yang belum lengkap, belum adanya mekanisme back-up data, belum adanya mekanisme pengamanan data, tidak adanya staf TI yang mengawasi dan menjamin kelancaran penggunaan TI, serta belum dikembangkannya pedoman tertulis terkait sistem pengendalian pengelolaan kas

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi
Uncontrolled Keywords: Kas, Sistem Pengendalian Internal, COSO, Evaluasi, Nirlaba, Gereja Katolik
Subjects: Office Administration
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:27
Last Modified: 11 Feb 2022 06:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29281

Actions (login required)

View Item View Item