Berbagi pengetahuan hijau sebagai faktor strategis inovasi hijau pada urban social enterprises di Surabaya

Suprobo, Filipus Priyo (2022) Berbagi pengetahuan hijau sebagai faktor strategis inovasi hijau pada urban social enterprises di Surabaya. PhD thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Disertasi_Priyo.pdf

Download (993kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I_Disertasi_Priyo.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II_Disertasi_Priyo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III_Disertasi_Priyo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV_Disertasi_Priyo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V_Disertasi_Priyo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI_Disertasi_Priyo.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_Disertasi_Priyo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kajian ini mengkaji inovasi lingkungan sebagai isu strategis yang menonjol dalam perkembangan praktik bisnis saat ini. Dengan pendekatan eksplanatori, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keterkaitan berbagi pengetahuan hijau, orientasi kewirausahaan hijau, kapabilitas dinamik hijau dan kinerja inovasi hijau dalam konteks urban social enterprises di Surabaya yang dijalankan atas dasar praktik ramah lingkungan untuk mencapai keberlanjutan. Pengumpulan data dilakukan secara probability sampling dengan teknik simple random sampling dan merekrut 68 responden dari minimal 63 sampel yang direncanakan. Teknik analisis statistik menggunakan SEM berbasis komponen dengan metode Partial Least Square (PLS), dimulai dari pengukuran model hingga struktur model yang memberikan informasi kelayakan model dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagi pengetahuan hijau berpengaruh terhadap orientasi kewirausahaan hijau, tetapi tidak berpengaruh terhadap kinerja inovasi hijau dan kapabilitas dinamik hijau. Sedangkan orientasi kewirausahaan hijau berpengaruh terhadap kapabilitas dinamik hijau dan kinerja inovasi hijau. Sementara itu, kapabilitas dinamik hijau juga berpengaruh terhadap kinerja inovasi hijau. Peran orientasi kewirausahaan hijau ternyata menjadi variabel mediasi penuh dalam menghubungkan berbagi pengetahuan hijau dengan kinerja inovasi hijau serta dengan kapabilitas dinamik hijau. Kapabilitas dinamik hijau menjadi variabel mediasi sebagian dalam menghubungkan orientasi kewirausahaan hijau dengan kinerja inovasi hijau. Implikasi praktis dari hal ini adalah perlunya perubahan strategi usaha swadaya sosial ekonomi masyarakat perkotaan, yang semula terfokus pada lingkup internal (intra-organisasi), dapat mulai bergeser untuk memperluas jaringan aksesnya ke skala eksternal (antar-organisasi). Organisasi juga perlu menjalankan program yang mencerminkan orientasi kewirausahaan hijau mereka saat ini dan di masa depan. Praktiknya mengajak anggota organisasi untuk terus menjadi pionir, proaktif terhadap peluang, mengambil tindakan untuk meningkatkan respon, terus bereksperimen, dan selalu membawa postur untuk unggul dalam praktik ramah lingkungan. Orientasi yang bermotivasi internal ini setidaknya menjadi bahan dasar yang cukup untuk terus bertahan demi keberlangsungan organisasi, sekaligus mendorong aspek nilai dalam skala ekonomi dan sosial. Keterlibatan pemerintah dan swasta, baik industri maupun BUMN, juga harus diintensifkan.

Item Type: Thesis (PhD)
Department: S3 - Ilmu Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Susanti, Christina Esti
NIDN0722076501
susantiesti@yahoo.com
Thesis advisor
Wulani, Fenika
NIDN0703037201
fenika@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Berbagi pengetahuan hijau, orientasi kewirausahaan hijau, kapabilitas dinamik hijau, kinerja inovasi hijau
Subjects: Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Doctoral Program in Management Science
Depositing User: Users 10739 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2022 22:32
Last Modified: 31 Jan 2022 22:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29191

Actions (login required)

View Item View Item