Pengembangan bahan ajar model problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi kinematika gerak lurus

Satriani, Annisa Fitri Putri (2022) Pengembangan bahan ajar model problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi kinematika gerak lurus. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic Unversity.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ANNISA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II ANNISA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui pengembangan bahan Ajar model Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Implementasi Bahan Ajar yang dikembangkan bersama dengan perangkat pembelajaran yang mendukung diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model penelitian ADDIE dan telah divalidasi oleh 2 validator dan diperoleh hasil 3,45 untuk RPP, 3,2 untuk Bahan Ajar dan 3,4 untuk Rencana Evaluasi (RE). Perangkat ini telah diujicobakan kepada 30 peserta didik kelas X IPA di SMA Dharma Wanita Surabaya. Hasil uji yang dilakukan oleh peneliti terhadap peserta didik mendapatkan hasil yang valid. Menurut hasil pre-test dan post-test hasil belajar peserta didik meningkat setelah menggunakan Bahan Ajar yang dikembangkan oleh peneliti ditunjukkan dengan oleh skor rata-rata N-Gain 0,69 berkategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan Bahan Ajar model Problem Based Learning pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus yang telah dibuat dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar Peserta Didik SMA Dharma Wanita Surabaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wijaya, Anthony
NIDN0715058503
anthony@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, problem based learning, pemahaman konsep, hasil belajar, kinematika gerak lurus.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Annisa Fitri Putri Satriani
Date Deposited: 28 Jan 2022 08:07
Last Modified: 28 Jan 2022 08:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29120

Actions (login required)

View Item View Item