Pengaruh substitusi gula sukrosa dengan high fructose corn Syrup terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik velva stroberi-nanas

Gunarso, Amelia Agatha (2022) Pengaruh substitusi gula sukrosa dengan high fructose corn Syrup terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik velva stroberi-nanas. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy

Abstract

Velva stroberi-nanas adalah velva yang dibuat dari kombinasi buah stroberi dan buah nanas. Karakteristik velva yang baik adalah velva yang memiliki tekstur lembut, mudah meleleh dalam mulut, dan memiliki rasa asli dari buah. Velva stroberi-nanas memiliki kelemahan yaitu mudah mengalami kristalisasi gula jika gula ditambahkan pada konsentrasi yang tidak tepat. Penggunaan gula juga menyebabkan velva menjadi kurang cocok bagi penderita diabetes dan konsumen yang mengurangi asupan gula. Untuk itu penggunaan gula dapat dikurangi dengan penggantian menggunakan high fructose corn syrup. Substitusi gula sukrosa dengan high fructose corn syrup dinilai dapat memperbaiki tekstur velva menjadi lebih halus, dan membuat velva menjadi lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun konsumen yang mengurangi asupan gula. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi proporsi gula sukrosa:HFCS terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik velva stroberi-nanas. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak kelompok faktor tunggal yaitu proporsi gula sukrosa:HFCS yang terdiri dari enam taraf 100:0; 90:10; 80:20; 70:30; 60:40; 50:50 dengan pengulangan sebanyak empat kali. Data dianalisa menggunakan ANAVA (Analysis of Variance) pada =5% dan dilanjutkan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) untuk mengetahui taraf perlakuan yang berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proporsi HFCS menyebabkan penurunan pH, TPT, dan overrun velva stroberi-nanas, namun laju leleh velva meningkat. Tingkat kesukaan terhadap tekstur velva meningkat seiring dengan peningkatan konsentrasi HFCS, sedangkan tingkat kesukaan terhadap rasa velva meningkat kemudian menurun pada konsentrasi gula sukrosa:HFCS 60:40.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Trisnawati, Chatarina Yayuk
NIDN0730047302
tchatarinayayuk@yahoo.com
Thesis advisor
Widyastuti, Theresia Endang Widoeri
NIDN0725116701
widoeri@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: velva, stroberi, nanas, gula sukrosa, high fructose corn syrup
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Amelia Agatha Gunarso
Date Deposited: 25 Jan 2022 09:26
Last Modified: 25 Jan 2022 09:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28987

Actions (login required)

View Item View Item