Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) model inkuiri terbimbing berbantuan media animasi flash untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat di SMAK Frateran Surabaya

Lajar, Maria Dolorosa Woli (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) model inkuiri terbimbing berbantuan media animasi flash untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat di SMAK Frateran Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK MARIA DOLOROSA NEW.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing berbantuan media animasi flash pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-DesignDevelopment-Implement-Evaluation). Selain LKPD, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) yang berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. Tingkat kelayakan LKPD diperoleh dari skor penilaian oleh validator ahli dan validator praktisi. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai Standard Gain lembar pretest dan posttest. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan RPP, LKPD,dan RE berkategori sangat valid dengan skor masing-masing yaitu 3.44, 3.53, dan 3.63 (skor maksimal: 4.00). Pengujian dilakukan di SMA Katolik Frateran Surabaya. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,44 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,69 dengan kategori “Sedang” dan respon peserta didik adalah 90,56% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dapat melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Frateran Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Untung, G. Budijanto
NIDN0716105401
ubudijanto@gmail.com
Uncontrolled Keywords: LKPD, inkuiri terbimbing, hasil belajar, kalor dan perubahan wujud zat.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Maria Dolorosa Woli Lajar
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:30
Last Modified: 27 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28967

Actions (login required)

View Item View Item