Pengaruh konsentrasi dan diameter partikel pati jagung dengan perlakuan mildly acidic dry heat treatment sebagai penstabil susu almond

Chendra, William (2021) Pengaruh konsentrasi dan diameter partikel pati jagung dengan perlakuan mildly acidic dry heat treatment sebagai penstabil susu almond. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Susu nabati merupakan minuman bernutrisi yang dapat menggantikan susu sapi yang tidak dapat dikonsumsi oleh beberapa kalangan seperti Vegan, penderita hiperkolesterolemia, dan penderita lactose intolerant. Susu almond merupakan susu nabati yang cukup populer karena kandungan makro dan mikro nutrien yang baik, serta kandungan senyawa fungsional. Susu almond memiliki sistem emulsi O/W yang perlu distabilkan dengan emulsifier. Emulsifier yang umum digunakan seperti lesitin dan emulsifier sintetik memiliki kelemahan terkait harga yang mahal, tidak stabil pada perubahan suhu, dan mengurangi nilai clean label dari produk. Penggunaan partikel pati berbasis emulsi Pickering dapat menjadi alternatif pengemulsi susu almond yang lebih aman, murah, dan meningkatkan nilai clean label produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran dan konsentrasi partikel pati jagung terhadap kestabilan emulsi dan viskositas susu almond. Partikel pati jagung (SP1 dan SP2) diberi perlakuan pengecilan diameter menggunakan metode hidrolisa asam dan pemanasan kering dengan konsentrasi HCl yang berbeda. Rancangan penelitian ini berupa Rancangan Acak Kelompok (RAK). Didapati SP1 (9,7 µm) memiliki diameter lebih kecil daripada pati native, namun SP2 memiliki diameter lebih besar diakibatkan terjadinya agregasi. Ukuran partikel pati jagung tidak memberikan pengaruh nyata terhadap kestabilan emulsi produk susu almond. Konsentrasi pati jagung memberikan pengaruh nyata terhadap kestabilan emulsi susu almond, dan viskositas susu almond. Ukuran. Pada pengujian Creaming Index susu almond didapati SP1 dengan konsentrasi 0,5% menunjukkan kestabilan emulsi yang paling baik hingga 24 jam. Konsentrasi partikel pati yang semakin tinggi juga meningkatkan viskositas produk susu almond.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Srianta, Ignatius
NIDN0726017402
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Jati, Ignatius Radix Astadi Praptono
NIDN0719068110
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Susu almond, emulsi pickering, partikel pati jagung.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: William .
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:38
Last Modified: 25 Jan 2022 07:38
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28952

Actions (login required)

View Item View Item