Pengaruh penambahan sari Jagung manis terhadap sifat fisik, perhitungan serat pangan dan vitamin A, serta organoleptik roti manis

Orseola, Olistika (2021) Pengaruh penambahan sari Jagung manis terhadap sifat fisik, perhitungan serat pangan dan vitamin A, serta organoleptik roti manis. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAKrev_olistika.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penambahan sari jagung manis terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik roti manis. Konsentrasi sari jagung manis yang digunakan adalah 0 %, 10 %, 20 %, 30 %, 40% dan 50 %. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan empat kelompok dan dikelompokkan berdasarkan ulangan. Parameter yang dianalisa meliputi (a) sifat fisik, yaitu volume roti yang diuji menggunakan metode seed displacement dan porositas roti; (b) perhitungan serat pangan dan vitamin A; serta (c) sifat organoleptik (kesukaan terhadap warna, rasa, dan tekstur) oleh panelis tidak terlatih. Data hasil penelitian dianalisis dengan ANOVA pada α = 5% dan jika menunjukkan pengaruh nyata dilanjutkan dengan DMRT pada α = 5% untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan. Perlakuan terbaik dipilih berdasarkan plot data uji organoleptik menggunakan metode spider web. Hasil penelitian ini dilengkapi dengan perhitungan jumlah serat pangan dan vitamin A dari semua formulasi roti manis yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, volume pengembangan roti, keseragaman pori-pori roti, serta uji kesukaan terhadap rasa dan tekstur roti manis sari jagung manis yang dihasilkan tidak berpengaruh nyata sedangkan uji kesukaan terhadap warna memberi pengaruh nyata. Perlakuan terbaik adalah penambahan sari jagung dengan konsentrasi 50% (rasio 1:1). Hasil perhitungan kadar serat menunjukkan kisaran 5 - 6,3 g dan Vitamin A 40,26 - 49,60 µg RAE dalam adonan roti manis sari jagung manis yang semakin meningkat seiring dengan peningkatan konsentrasi sari jagung manis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Epriliati, Indah
NIDN00713047001
epriliati@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Ristiarini, Susana
NIDN0004066401
ristiarini@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Roti manis, sari jagung manis, volume roti, keseragaman pori-pori roti, sifat organoleptik, perhitungan serat pangan dan vitamin A.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Olistika Orseola
Date Deposited: 25 Jan 2022 09:07
Last Modified: 25 Jan 2022 09:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28942

Actions (login required)

View Item View Item