Pengaruh perbedaan konsentrasi daun teh hijau (Camellia sinensis) terhadap aktivitas antioksidan dan total fenol yoghurt angkak biji Durian

Wuisang, Natasya Gabriella Estefania (2022) Pengaruh perbedaan konsentrasi daun teh hijau (Camellia sinensis) terhadap aktivitas antioksidan dan total fenol yoghurt angkak biji Durian. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Natasya Gabriella.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran_Natasya Gabriella.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)

Abstract

Yoghurt merupakan produk pangan fungsional berbasis susu yang dalam proses pembuatan yoghurt melibatkan Bakteri Asam Laktat (BAL) yaitu Lactobacillus delbrueckii subp bulgaricus, Streptococcus thermophilus, dan Lactobacillus acidophilus sebagai bakteri probiotik. Pembuatan yoghurt angkak biji durian dengan penambahan daun teh hijau (Camellia sinensis) dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dan total fenol yoghurt angkak biji durian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi daun teh hijau terhadap aktivitas antioksidan dan total fenol yoghurt angkak biji durian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 1(satu) faktor yaitu konsentrasi ekstrak daun teh hijau (v/v) yang terdiri dari 0%; 0,5%; 1,5%; dan 2% dengan 5 (lima) kali ulangan. Parameter yang diuji meliputi aktivitas antioksidan dan total fenol. Data-data yang diperoleh dilakukan analisa secara statistik dengan menggunakan uji ANOVA pada α=5% dan jika berpengaruh nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada α=5%. Berdasarkan uji statistic, peningkatan konsentrasi daun teh hijau berpengaruh nyata pada aktivitas antioksidan dan total fenol. Berdasarkan hasil analisa diperoleh aktivitas antioksidan berkisar 5,19-5,57 mg GAE/ g sampel, Nilai aktivitas antioksidan mengalami peningkatan hinggi konsentrasi 2%. Hasil analisa diperoleh total fenol berkisar 6,0-9,0 μg GAE/ g sampel. Nilai total fenol mengalami peningkatan hingga konsentrasi 0,5% dan mengalami penurunan pada konsentrasi lebih dari 0,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ristiarini, Susana
NIDN0004066401
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Nugerahani, Ira
NIDN0715076101
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Yoghurt, angkak biji durian, daun teh hijau.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Natasya Gabriella E. W.
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:39
Last Modified: 26 Jan 2022 01:39
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28908

Actions (login required)

View Item View Item