Pengaruh konsentrasi tapioka terhadap sifat fisikokimia edible film berbahan dasar lidah buaya (Aloe barbadensis Miller) dengan penambahan gliserol

Sugianto, Tan Stevania Vernanda (2022) Pengaruh konsentrasi tapioka terhadap sifat fisikokimia edible film berbahan dasar lidah buaya (Aloe barbadensis Miller) dengan penambahan gliserol. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Plastik merupakan bahan pengemas makanan yang banyak digunakan di Indonesia. Plastik sulit terdegradasi secara biologis sehingga dapat menyebabkan penumpukan limbah plastik. Salah satu cara untuk mengatasi limbah plastik adalah dengan menghasilkan kemasan pangan yang bersifat biodegradable seperti edible film. Pada penelitian ini, lidah buaya digunakan sebagai bahan dasar edible film karena memiliki glukomanan. Edible film berbahan dasar lidah buaya mudah sobek sehingga ditambahkan tapioka sebagai bahan pengisi dan pembentuk matriks. Edible film yang dibuat dari lidah buaya dan tapioka mudah rapuh dan sangat kaku sehingga ditambahkan gliserol sebagai plasticizer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi tapioka terhadap sifat fisikokimia edible film berbahan dasar lidah buaya (Aloe barbadensis Miller) dengan penambahan gliserol. Penelitian dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari satu faktor yaitu penambahan konsentrasi tapioka dengan 6 level perlakuan, yaitu 2,5%; 3,0%; 3,5%; 4%; 4,5%; dan 5%. Pengulangan dilakukan sebanyak empat kali. Parameter pengujian meliputi kadar air, aw, kuat tarik, persen pemanjangan, dan WVTR. Data yang diperoleh diuji dengan ANOVA dengan α = 5%. Hasil ANOVA yang menunjukkan adanya pengaruh nyata antara setiap perlakuan dilanjutkan dengan uji DMRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi tapioka berpengaruh terhadap sifat fisikokimia edible film berbahan dasar lidah buaya. Konsentrasi tapioka yang semakin besar menyebabkan kuat tarik dan persen pemanjangan semakin meningkat, sedangkan kadar air, aw, dan WVTR semakin menurun. Hasil pengujian kadar air berkisar 11,36-14,19%, nilai aw berkisar 0,574- 0,612 , nilai kuat tarik berkisar 0,1688-1,0671 N/cm2, nilai elongasi berkisar 56,14-69,86% , dan nilai WVTR berkisar 1,9329-8,6703 g/m2/jam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Utomo, Adrianus Rulianto
NIDN0702126701
rulianto@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Setijawaty, Erni
NIDN071107007
ernikaryatulis@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Edible film, lidah buaya, tapioka, gliserol.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Agriculture and Food Technology > Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Tan Stevania Vernanda Sugianto
Date Deposited: 24 Jan 2022 23:59
Last Modified: 24 Jan 2022 23:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28902

Actions (login required)

View Item View Item