Pengaruh perbedaan konsentrasi puree pisang kepok (Musa acuminata balbisiana Colla) terhadap pertumbuhan bakteri asam laktat, ph dan total asam laktat yoghurt angkak biji Durian

Gui, Gabriella Santoso (2022) Pengaruh perbedaan konsentrasi puree pisang kepok (Musa acuminata balbisiana Colla) terhadap pertumbuhan bakteri asam laktat, ph dan total asam laktat yoghurt angkak biji Durian. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Yoghurt merupakan produk fermentasi berbasis susu yang dikenal dan digemari masyarakat karena memiliki manfaat bagi kesehatan. Berbagai cara terus dilakukan untuk meningkatkan sifat fungsional dari yoghurt, salah satunya adalah dengan penambahan ekstrak air angkak biji durian. Pembuatan yoghurt dengan penambahan ekstrak air angkak biji durian menyebabkan aftertaste yang tidak disukai sehingga perlu pemanfaatan buah atau olahannya, seperti puree buah pisang kepok. Buah pisang kepok mengandung komponen pati, gula sederhana dan asam organik, namun dapat mempengaruhi pertumbuhan BAL, pH dan total asam laktat yoghurt angkak biji durian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi puree pisang kepok terhadap pertumbuhan BAL, pH dan total asam laktat yoghurt angkak biji durian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor, yaitu perbedaan konsentrasi puree pisang kepok sebesar 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25% (b/v), pengulangan dilakukan sebanyak empat kali. Parameter uji yang dilakukan adalah Angka Lempeng Total (ALT) BAL, pH dan total asam laktat. Data yang diperoleh dianalisa secara statistik menggunakan uji ANOVA pada α = 5%. Hasil penelitian yang menunjukkan terdapat pengaruh nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada α = 5%. Berdasarkan hasil penelitian, perbedaan konsentrasi puree pisang kepok berpengaruh nyata terhadap ALT BAL, pH dan total asam laktat yoghurt angkak biji durian. ALT BAL, pH dan total asam laktat yoghurt angkak biji durian dengan perbedaan konsentrasi puree pisang kepok berturut-turut sebesar 7,2830-8,8814 log CFU/g; 4,393-5,205; 0,5594%-0,8845%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Srianta, Ignatius
NIDN0726017402
srianta@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Nugerahani, Ira
NIDN0715076101
nugerahani@yahoo.co.id
Uncontrolled Keywords: yoghurt, angkak biji durian, puree pisang kepok
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Gabriella Santoso Gui
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:54
Last Modified: 25 Jan 2022 06:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28882

Actions (login required)

View Item View Item