Pengaruh perbedaan konsentrasi daun teh hijau (Camellia sinensis) terhadap sifat fisik dan sensoris yoghurt angkak biji durian.

Angelina, Rebecca (2022) Pengaruh perbedaan konsentrasi daun teh hijau (Camellia sinensis) terhadap sifat fisik dan sensoris yoghurt angkak biji durian. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak I_merged.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
1.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
DAFTAR PUSTAKA(2)_merged.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Yoghurt merupakan produk pangan berbasis susu yang mengandung Bakteri Asam Laktat (BAL) sebagai bakteri probiotik. Dalam penelitian ini, proses pembuatan yoghurt melibatkan Lactobacillus delbrueckii subp bulgaricus, Streptococcus thermophilus, dan Lactobacillus acidophilus yang saling berinteraksi untuk menghasilkan suatu produk pangan fungsional. Jenis susu fullcream yang digunakan dalam pembuatan yoghurt berpotensi menyebabkan hiperkolestrolemia. Penambahan angkak biji durian berperan sebagai antihiperkolestrolemia karena mengandung senyawa Monacolin-K. Penambahan angkak biji durian pada yoghurt dapat menimbulkan aftertaste yang kurang disukai oleh konsumen dan meningkatkan laju sineresis selama proses penyimpanan. Penambahan ekstrak daun teh hijau (Camellia sinensis) diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesukaan konsumen terhadap sifat-sifat sensoris dan fisik dari yoghurt angkak biji durian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi bubuk daun teh hijau terhadap sifat fisik dan sensoris dari yoghurt angkak biji durian. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan 1(satu) faktor, yaitu konsentrasi ekstrak daun teh hijau yang terdiri dari 5 taraf perlakuan, yaitu 0%; 0,5%; 1,5%; dan 2% dengan 5 (lima) kali ulangan. Data akan dilakukan analisa dengan menggunakan uji ANOVA pada α=5% dan apabila berpengaruh nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada α=5% untuk mengetahui adanya perbedaan antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan, perbedaan konsentrasi daun teh hijau tidak berpengaruh nyata terhadap sineresis dan uji hedonik, serta berpengaruh nyata terhadap viskositas, WHC, tekstur, dan warna. Perlakuan terbaik dengan metode De Garmo adalah penambahan konsentrasi daun teh hijau sebesar 0,5%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ristiarini, Susana
NIDN0004066401/611.89.0155
ristiarini@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Kusumawati, Netty
NIDN0730127101/611.96.0245
netty@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Yoghurt, ekstrak angkak biji durian, ekstrak daun teh hijau
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Rebecca Angelina
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:50
Last Modified: 25 Jan 2022 01:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28866

Actions (login required)

View Item View Item