Pengembangan lembar kerja peserta didik model inkuiri terbimbing pokok bahasan gerak parabola berbantuan PhET untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Santa Agnes Surabaya

Sugianto, Christopher Lie Anugrah (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik model inkuiri terbimbing pokok bahasan gerak parabola berbantuan PhET untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Santa Agnes Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (742kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam masa yang serba online ini, guru memiliki peran aktif dalam perkembangan akademik generasi penerus bangsa. Tentu banyak faktor yang membedakan antara pembelajaran luring dan daring. Salah satunya adalah kesempatan peserta didik untuk melakukan percobaan atau praktikum secara di sekolah. Menanggapi hal tersebut, maka direalisasikanlah perangkat pembelajaran menggunakan pengembangan lembar kerja peserta didik dengan berbantuan media simulasi PhET. Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan model ADDIE dan telah divalidasi oleh 2 validator, dan diperoleh hasil 3,5 untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 3,55 untuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan 3,56 untuk Rencana Evaluasi (RE), yang semuanya berkatagori sangat valid. Perangkat permbelajaran tersebut telah diujicobakan kepada 35 peserta didik kelas X MIPA SMA Katolik Santa Agnes Surabaya. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, kemampuan hasil belajar peserta didik meningkat dengan skor n-gain rata-rata sebesar 0,61 berkatagori sedang. Pada angket respon Peserta Didik didapatkan skor rata-rata 3,42 berkategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD model inkuiri terbimbing pokok bahasan Gerak Parabola berbantuan PhET yang telah dibuat dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik SMA Katolik Santa Agnes Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Herwinarso, Herwinarso
NIDN0702066202
herwinarso@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, LKPD, inkuiri terbimbing, PhET, gerak parabola, hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Christopher Lie A.S
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:01
Last Modified: 24 Jan 2022 08:01
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28814

Actions (login required)

View Item View Item