Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model problem based learning berbantuan PhET pada pokok bahasan elastisitas dan hukum hooke untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA HANG TUAH 4 Surabaya

Suryati, Elfrida (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model problem based learning berbantuan PhET pada pokok bahasan elastisitas dan hukum hooke untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA HANG TUAH 4 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan PhET untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ada pun Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluation). Pada penelitian ini, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pengembangan yaitu LKPD,RPP dan RE akan divalidasi oleh ahli sebelum diuji cobakan. Pengujian dilakukan di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Pembelajaran yang dilakukan di SMA Hang Tuah 4 Surabaya mengikuti kebijakan dalam rangka mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemik. Peserta didik dibagi kedalam dua kelompok, sebagian mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah dan sebagian mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan RPP, LKPD, dan RE berkategori sangat valid dengan skor masing-masing yaitu RPP sebesar 3.50, LKPD sebesar 3.46, dan RE sebesar 3.63 (skor maksimal: 4.00). Hasil keterlaksanaan RPP menunjukan bahwa proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,62 dengan kategori “Sedang” dan respon peserta didik adalah 3.26 dengan kategori “Baik”. Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Hang Tuah 4 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Winata, Sugimin Wahyu
0
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, problem based learning, hasil belajar, elastisitas dan hukum hooke.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Elfrida Suryati
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:01
Last Modified: 24 Jan 2022 03:01
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28809

Actions (login required)

View Item View Item