Pengembangan lembar kerja peserta didik model inkuiri terbimbing berbantuan video pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAK St. Stanislaus Surabaya

Ari, Patricius (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik model inkuiri terbimbing berbantuan video pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAK St. Stanislaus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
NEW BAB 5 PATRICIUS ARI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
NEW LAMPIRAN PATRICIUS ARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pendukung LKPD berupa RPP dan RE diimplementasikan menggunakan metode penelitian Reasearch and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi oleh dua validator dan telah diuji cobakan pada 24 peserta didik kelas XI MIPA di SMAK Santo Stanislaus Surabaya. Pengujian perangkat pembelajaran kepada peserta didik dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Geoogle Meet, Geoogle Form, Whatsaps, Liveworksheet, Team Picker Wheel, dan PhET Simulation. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan berkategori valid dengan skor rata-rata masing-masing 3,28, 3,3, dan 3,15. Hasil keterlaksanaan RPP dalam proses pembelajaran berkategori sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 3,45. Berdasarkan keefektifan perangkat pembelajaran hasil dari pretest dan posttest peserta didik dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0,40, dalam kategori sedang dan hasil penilaian respon peserta didik terhadap pengembangan perangkat pembelajaran mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,36 dengan kategori positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAK Santo Stanislaus Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Untung, G. Budijanto
NIDN0716105401
ubudijanto@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja peserta didik (LKPD), inkuiri terbimbing, media video, teori kinetik gas, peningkatan hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Patricius Ari
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:47
Last Modified: 24 Jan 2022 07:12
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28786

Actions (login required)

View Item View Item