Ari, Patricius (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik model inkuiri terbimbing berbantuan video pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAK St. Stanislaus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
NEW BAB 5 PATRICIUS ARI.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
NEW LAMPIRAN PATRICIUS ARI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pendukung LKPD berupa RPP dan RE diimplementasikan menggunakan metode penelitian Reasearch and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi oleh dua validator dan telah diuji cobakan pada 24 peserta didik kelas XI MIPA di SMAK Santo Stanislaus Surabaya. Pengujian perangkat pembelajaran kepada peserta didik dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Geoogle Meet, Geoogle Form, Whatsaps, Liveworksheet, Team Picker Wheel, dan PhET Simulation. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan berkategori valid dengan skor rata-rata masing-masing 3,28, 3,3, dan 3,15. Hasil keterlaksanaan RPP dalam proses pembelajaran berkategori sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 3,45. Berdasarkan keefektifan perangkat pembelajaran hasil dari pretest dan posttest peserta didik dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0,40, dalam kategori sedang dan hasil penilaian respon peserta didik terhadap pengembangan perangkat pembelajaran mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,36 dengan kategori positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAK Santo Stanislaus Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Fisika |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Untung, G. Budijanto NIDN0716105401 ubudijanto@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Lembar kerja peserta didik (LKPD), inkuiri terbimbing, media video, teori kinetik gas, peningkatan hasil belajar. |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Patricius Ari |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 03:47 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 07:12 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28786 |
Actions (login required)
View Item |