Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis starter experiment approach (SEA) pokok bahasan fluida statis untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya

Rizkyanti, Elta (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis starter experiment approach (SEA) pokok bahasan fluida statis untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Starter Experiment Approach pada pokok bahasan Fluida Statis untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Penelitian dilaksanakan dengan sistem pembelajaran hybrid di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya pada kelas XI MIPA 1 tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 peserta didik. Pembelajaran dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan rincian 2 x 30 menit setiap pertemuan. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Starter Experiment Approach (SEA), dan Rencana Evaluasi (RE). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi perangkat pembelajaran, pengamatan keterlaksanaan RPP, penilaian hasil belajar peserta didik, keterampilan proses sains, dan respons peserta didik. Pada penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini didapatkan hasil validasi perangkat pembelajaran oleh validator ahli yang meliputi validasi RPP dengan nilai rata-rata 3,58 dengan kategori sangat valid, LKPD dengan nilai rata-rata 3,70 dengan kategori sangat valid, dan RE dengan nilai rata-rata 3,55 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan didapatkan hasil keterlaksanaan RPP sebesar 100% dengan kategori sangat baik, peningkatan hasil belajar peserta didik dengan N-Gain sebesar 0,74 dengan kategori sangat tinggi, dan keterampilan proses sains peserta didik memenuhi 5 indikator KPS yang digunakan yaitu mengamati, mengajukan pertanyaan, berhipotesis, merencanakan percobaan, serta menerapkan konsep. Pada akhir rangkaian pembelajaran didapatkan hasil respons peserta didik sebesar 3,45 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Starter Experiment Approach dapat meingkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Herwinarso, Herwinarso
NIDN0702066202
herwinarso@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: LKPD, starter experiment approach, hasil belajar, keterampilan proses sains, fluida statis.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Elta Rizkyanti
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:33
Last Modified: 21 Jan 2022 01:33
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28756

Actions (login required)

View Item View Item