Analisis sifat fisikokimia bubuk buah naga merah terenkapsulasi (Hylocereus polyrhizus) dengan perbedaan jenis dan konsentrasi enkapsulan (HPMC dan Gum Arabic)

Tjahjono, Nathania Vianney (2021) Analisis sifat fisikokimia bubuk buah naga merah terenkapsulasi (Hylocereus polyrhizus) dengan perbedaan jenis dan konsentrasi enkapsulan (HPMC dan Gum Arabic). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5_rev nathania.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_rev nathania.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)

Abstract

Buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) memiliki nutrisi yang tinggi. Pengaplikasian buah naga merah ke dalam produk pangan masih terbatas akibat tingginya kandungan air di dalamnya. Solusi untuk memperluas aplikasi buah naga merah adalah pengeringan menjadi bubuk. Proses pengeringan dapat merusak senyawa fungsional sehingga diperlukan penambahan enkapsulan untuk melindungi senyawa fungsional. Enkapsulan yang digunakan dalam penelitian adalah hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) dan gum arabic. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh perbedaan jenis enkapsulan dan perbedaan konsentrasi enkapsulan yang tersarang pada jenis enkapsulan terhadap sifat fisikokimia bubuk buah naga merah terenkapsulasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial tersarang dengan metode pengacakan sampel Rancangan Acak Kelompok (RAK) dan terdapat empat kali pengulangan. Taraf faktor konsentrasi yang digunakan adalah 2,5%, 5%, dan 7,5% (w/w) untuk masing-masing jenis enkapsulan. Hasil pengujian dianalisis menggunakan ANOVA pada alfa 5% dan dilanjutkan dengan uji DMRT pada alfa 5% apabila terdapat perbedaan nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis enkapsulan berpengaruh nyata terhadap kadar air, hue, dan pH sedangkan konsentrasi enkapsulan berpengaruh nyata terhadap higroskopisitas, total fenol, aktivitas antioksidan, nilai warna selain hue, dan pH. Peningkatan konsentrasi enkapsulan HPMC dapat meningkatkan lightness, redness, chroma, dan pH, tetapi menurunkan higroskopisitas, total fenol (4412,8676-3279,0441 mg GAE/kg bubuk buah), aktivitas antioksidan (81,69-35,33%), yellowness, dan hue. Peningkatan konsentrasi enkapsulan gum arabic dapat meningkatkan lightness, redness, dan chroma, tetapi menurunkan higroskopisitas, total fenol (4774,6324-3617,6471 mg GAE/kg bubuk buah), aktivitas antioksidan (86,38-36,90%), yellowness, hue, dan pH.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Jati, Ignasius Radix Astadi Praptono
NIDN0719068110
radix@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Setijawaty, Erni
NIDN0711017007
ernisetijawaty@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Bubuk buah naga merah, hpmc, gum arabic
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Nathania Vianney Tjahjono
Date Deposited: 21 Jan 2022 09:22
Last Modified: 21 Jan 2022 09:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28751

Actions (login required)

View Item View Item