Pengembangan media pembelajaran game RPG berbasis android pada pokok bahasan gerak parabola untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA 17 Agustus 1945 Surabaya

Kristiawan, Yeremia (2021) Pengembangan media pembelajaran game RPG berbasis android pada pokok bahasan gerak parabola untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kesejahteraan suatu negara ditentukan oleh kualitas pendidikan masyarakat yang ada di negara itu. Oleh karena itu pendidikan menjadi peranan penting dalam hal memajukan perkembangan sebuah negara. Pada tahun 2021 seluruh negara masih berduka, tidak lain dikarenakan adanya pandemi COVID-19 yang belum mereda. Sektor yang paling berdampak adanya pandemi adalah dari sektor pendidikan. Dimana seluruh sekolah di dunia terpaksa untuk menutup kegiatan pembelajaran. Sebagai gantinya kegiatan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh atau sering disebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dalam hal ini pembelajaran dilakukan secara daring menggunakan aplikasi meeting. Tentu dengan menggunakan sistem pembelajaran seperti ini membuat peserta didik sulit dalam menyerap semua ilmu yang diajarkan oleh guru. Selain sulit dalam menerima pelajaran, peserta didik akan merasa bosan akibat sistem pembelajaran ini karena dipaksa untuk belajar dari rumah tanpa bertemu dengan teman-temannya. Dari kondisi tersebut peneliti membuat sebuah media pembelajaran berupa game RPG yang nantinya akan membantu para peserta didik dalam belajar. Jadi dengan gane RPG tersebut peserta didik akan belajar sambil bermain. Adapun metode peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D), model 4D. Media pembelajaran ini telah divalidasi oleh dua orang validator sebelum di uji 26 peserta didik yang berada di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran, media pembelajaran, dan rencana evaluasi menunjukkan kategori valid dengan skor 3,62, 3,43, dan3,65 (dari 4). Hasil uji yang dilakukan oleh peneliti terhadap peserta didik mendapatkan hasil yang baik. Menurut hasil pre-test dan post-test hasil belajar peserta didik meningkat setelah menggunakan media pembelajran game RPG yang dikembangkan oleh peneliti ditunjukkan dengan oleh skor rata-rata N-Gain 0,68 berkategori sedang. Selain itu respon yang diberikan oleh peserta didik menunjukkan hasil yang baikk terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jadi dapat disimpulkan media pembelajaran berupa game RPG mendukung kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wirjawan, Johannes Vincentius Djoko
NIDN0705046101
hod-physics@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: COVID-19, media pembelajaran, game RPG, gerak parabola.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Yeremia Kristiawan
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:02
Last Modified: 20 Jan 2022 07:02
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28613

Actions (login required)

View Item View Item