Kajian pustaka profil efektivitas dan keamanan penggunaan regimen terapi berbasis tenofovir disoproxil fumarate pada pasien HIV-AIDS

Sari, Nindya Putri Arliani Lovita (2021) Kajian pustaka profil efektivitas dan keamanan penggunaan regimen terapi berbasis tenofovir disoproxil fumarate pada pasien HIV-AIDS. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
_ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
_BAB1.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
_BAB5.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy

Abstract

Sexually Transmitted Infectious (STI) atau Infeksi Menular Seksual (IMS) merupakan berbagai infeksi yang dapat menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Salah satu penyakit IMS yang menjadi perhatian setiap negara adalah HIV/AIDS. World Health Organization (WHO) pada tahun 2015 merekomendasikan obat antiretroviral (ARV) pada HIV/AIDS diantaranya golongan Nucleoside/Nukleotide Reverse Transcriptase Inhibitor (NRTI); salah satunya Tenofovir Disoproxil Fumarate (TDF). TDF merupakan analog nukleotida monofosfat yang membutuhkan dua fosfat tambahan untuk mendapatkan aktivitas penuh. Kajian pustaka ini bertujuan untuk memaparkan bukti ilmiah terkini mengenai efektivitas dan keamanan regimen terapi TDF pada pasien HIV-AIDS. Proses penelusuran artikel dalam kajian pustaka ini dilakukan pada database PubMed dengan kombinasi kata kunci “Tenofovir Disoproxil Fumarate”, "Anti-HIV Agents", dan "Adverse effects and therapeutic use”. Berdasarkan dari hasil penelusuran tersebut didapatkan 11 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa kombinasi TDF memiliki efektivitas yang baik dalam menekan virus secara berkelanjutan dinilai dari efektifitas penggunaan terapi ODHA dapat dilihat dari tanda-tanda klinis pasien yang membaik setelah terapi, adanya penurunan dari viral load, ukuran jumlah sel cd4+ menjadi prediktor terkuat, dilihat dari kedisiplinan pasien mengkonsumsi obat, ketepatan waktu yang benar, dan cara yang benar sesuai anjuran dokter, serta ditemukan efek samping yang terjadi pada penggunaan TDF yakni gangguan gastrointestinal (mual, muntah, dan diare), gagal ginjal dan kepadatan tulang. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Tenofovir Disoproxil Fumarate efektif digunakan untuk penekanan virus HIV namun memiliki efek samping terhadap gastrointestinal yang tetap harus dimonitoring dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Kasih, Elisabeth
NIDN0719048801
elisabeth-k@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Triyono, Erwin Astha
NIDN8828800016
erwintriyono@yahoo.com
Uncontrolled Keywords: Tenofovir Disoproxil Fumarate, HIV-AIDS, efektivitas, keamanan
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Nindya Putri A.
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:19
Last Modified: 18 Jan 2022 05:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28461

Actions (login required)

View Item View Item