Identifikasi Faktor Pembentuk Perilaku Belanja Konsumen dalam Perspektif Budaya Jawa Mataraman

Nugrohadi, Gratianus Edwi, Ardhanari, Margaretha and Tulipa, Diyah (2019) Identifikasi Faktor Pembentuk Perilaku Belanja Konsumen dalam Perspektif Budaya Jawa Mataraman. In: SEMINAR NASIONAL FORUM MANAJEMEN INDONESIA KE-11, 6-7 Nov. 2019, Univ. Mulawarman-ISSN: 2407-0548.

[thumbnail of Identifikasi Faktor Pembentuk Perilaku Belanja Konsumen dalam Perspektif Budaya Jawa Mataraman] Text (Identifikasi Faktor Pembentuk Perilaku Belanja Konsumen dalam Perspektif Budaya Jawa Mataraman)
12p-Identifikasi_faktor_pembentuk_.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Identifikasi Faktor Pembentuk Perilaku Belanja Konsumen dalam Perspektif Budaya Jawa Mataraman_peer_review_] Text (Identifikasi Faktor Pembentuk Perilaku Belanja Konsumen dalam Perspektif Budaya Jawa Mataraman_peer_review_)
12p-R1&2-Identifikasi_faktor_pembentuk_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Identifikasi Faktor Pembentuk Perilaku Belanja Konsumen dalam Perspektif Budaya Jawa Mataraman] Text (Identifikasi Faktor Pembentuk Perilaku Belanja Konsumen dalam Perspektif Budaya Jawa Mataraman)
12p-Identifikasi_faktor_pembentuk_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia, dengan budaya etnis yang banyak, memberikan sebuah ruang bagi para pelaku pasar untuk meneliti keinginan dan kebutuhan tiap etnis berdasarkan pada pemasaran etnis. Keragaman budaya etnis dapat menjadi sebuah petunjuk yang baik untuk melakukan segmentasi konsumen Indonesia berdasarkan pada etnisitas. Tiap konsumen mempunyai identitas etnis sendiri. Mengetahui perbedaan antara kelompok etnis merupakan suatu pengetahuan yang penting bagi pemasar. Kelompok etnis dapat bertindak dan bereaksi secara berbeda dengan yang lainnya. Meskipun dalam kelompok yang sama, sebuah pemahaman sub-kelompok atau kelompok etnis yang berbeda dapat mengarah pada kebutuhan akan produk yang berbeda pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor pembentuk perilaku belanja konsumen didasarkan pada perspektif budaya Jawa Mataram. Hasil penelitian menemukan terdapat 33 faktor pembentuk perilaku konsumen dalam berbelanja. Berdasarkan tingkat ketergantungan dan mobilitas, terdapat 21 faktor yang memiliki mobilitas tinggi dan ketergantungan yang tinggi antar faktor. Sementara itu berdasarkan prospek pengaruh terhadap perilaku belanja terdapat dua faktor yaitu (1) proses pengajaran kepada anak memerlukan waktu yang panjang (2) mandiri dimana kemandirian sudah mulai dilakukan sejak usia muda.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISSN: 2407-0548
Uncontrolled Keywords: Budaya Etnis, Jawa Mataraman, Perilaku Belanja
Subjects: Entrepreneurship
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:55
Last Modified: 21 Apr 2022 06:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28092

Actions (login required)

View Item View Item