Pengaruh work engagement terhadap job performance pada organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Hendrawan, Jennisca (2021) Pengaruh work engagement terhadap job performance pada organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (1).pdf

Download (566kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Job performance merupakan segala bentuk perilaku yang ditunjukkan oleh individu ketika bekerja. Pada organisasi kemahasiswaan, job performance ditunjukkan dari hasil kinerja anggota dalam program kerja. Salah satu faktor psikologis yang mempengaruhinya adalah work engagement. Adanya tuntutan perkuliahan dan kesulitan membagi waktu serta tanggung jawab dalam organisasi kemahasiswaan yang masih longgar membuat mahasiswa yang tergabung menunjukkan sikap kurang engaged. Work engagement merupakan keadaan pikiran dan perasaan yang positif, sehingga mencapai pemenuhan diri dan mendorong untuk mencapai kesejahteraan guna kemajuan diri sendiri dan organisasi di lingkungan kerja. Para mahasiswa engaged dalam organisasi kemahasiswaan, maka job performance yang dihasilkan juga akan semakin baik sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Kemampuan membangun work engagement dalam organisasi kemahasiswaan penting dilakukan, agar mencapai visi dan misi organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh work engagement terhadap job performance pada organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Karakteristik responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas periode 2020/2021. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik disproportionate stratified random sampling dan dilakukan menggunakan skala work engagement dengan 3 aspek, serta skala job performance dengan 4 aspek. Hasil pengambilan sampel diperoleh responden sebanyak 248 responden dan dianalisis dengan teknik statistika regresi sederhana menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. 0,000 (p<0,05) sehingga terdapat pengaruh signifikan dan bernilai positif antara work engagement terhadap job performance pada organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dimana semakin tinggi work engagement yang dimiliki, maka semakin tinggi pula job performance yang dihasilkan. Selain itu, diperoleh nilai sumbangan efektif yang diberikan oleh work engagement terhadap job performance yaitu sebesar 0,291 (29,1%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Effendy, Nurlaila
NIDN0702026606
laila@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Work engagement, job performance, organisasi kemahasiswaan
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Jennisca Hendrawan
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:38
Last Modified: 11 Jan 2022 09:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27963

Actions (login required)

View Item View Item