Pembingkaian pemberitaan terpilihnya Risma sebagai Menteri Sosial di media online detik.com dan jawapos.com periode 23 Desember – 26 Desember 2020

Sugiarti, Dinda Karisma (2021) Pembingkaian pemberitaan terpilihnya Risma sebagai Menteri Sosial di media online detik.com dan jawapos.com periode 23 Desember – 26 Desember 2020. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini pergantian kekosongan jabatan begitu cepat di isi oleh pejabat lain, Adanya hal tersebut munculah rangkap jabatan yang sering kita temui dalam sistem tatanan negara. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka peneliti melakukan penelitian pada dua media online yakni detik.com dan Jawapos.com dalam pemberitaan 23 Desember hingga 26 Desember 2020 memberitakan bahwa adanya rangkap jabatan setelah Risma dilantik menjadi Menteri Sosial, Sehingga dalam rumusan masalah dalam penelitian ini, melihat bagaimana pembingkaian dalam pemberitaan terpilihnya Risma menjadi Menteri Sosial dengan menggunakan model Robert N Entman pada media online detik.com dan Jawapos.com. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model deskriptif. Model deskriptif ini digunakan untuk mengumpulkan informasi yang aktual secara lengkap dan mengidentifikasikan masalah. Selain itu teori yang digunakan oleh peneliti yakni konstruksi sosial atas realitas dengan menggunakan analisis framing, model Robert N. Entmant. Terdapat kesimpulan dan perbedaan dari kedua media online, yakni yang pertama hasil kesimpulan dari penelitian ini detik.com membingkai bahwa izin dari Presiden Jokowi dijadikan Risma untuk alasan rangkap jabatan sementara, sedangkan Jawapos.com membingkai bahwa munculnya argumen politisi mengenai tidak setuju Risma merangkap jabatan. Kedua, perbedaan dari detik.com dan Jawapos.com yakni kecenderungan detik.com dalam pengemasan judul yang langsung membahas permasalahan serta memunculkan opini politisi mengenai peristiwa tersebut, Berbeda dengan Jawapos.com yang cenderung mengemas judul lebih ke kontroversi peristiwa rangkap jabatan Risma.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Framing, analisis framing, berita, media online
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Dinda Karisma Sugiarti
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:45
Last Modified: 12 Jan 2022 02:45
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27945

Actions (login required)

View Item View Item