Strategi penyelesaian konflik komunikasi interpersonal pada pasangan Married by Accident (MBA) dalam mengatasi konflik di awal tahun pernikahan

Smith, Yorin (2021) Strategi penyelesaian konflik komunikasi interpersonal pada pasangan Married by Accident (MBA) dalam mengatasi konflik di awal tahun pernikahan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK YORIN.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 YORIN.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 YORIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 YORIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 YORIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN YORIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari adanya fenomena problematika komunikasi yang terjadi pada pasangan Married by Accident diawal tahun pernikahan. Pernikahan pada pasangan Married by Accident dari segala sisi rupanya tidak memiliki kesiapan yang matang, sehingga dirasa sulit untuk mempertahankan pernikahan. Pasangan remaja dibebani dengan beban menjadi orang dewasa sebelum waktunya, membuat hubungan mereka rentan menghadapi permasalahan. Konflik yang mereka alami dan lewati pada awal tahun pernikahan, menyebabkan hubungan mengalami penurunan dan kenaikan yang disebabkan oleh tingginya sikap kecemburuan, keegoisan, dan sikap tidak peduli yang dimiliki pasangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, dan dengan metodelogi studi kasus dimana setiap individu dari informan akan menggambarkan cara penyelesaian konflik komunikasi yang mereka gunakan saat menyelesaikan konflik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam (in-dept interview) untuk memperloleh hasil data yang lebih mendalam dari dua pasang informan Married by Accident di Surabaya. Adapun konflik yang dialami oleh pasangan Married by Accident adalah konflik yang terjadi didalam keluarga, konflik ekonomi, dan konflik emosional. Adapu strategi penyelesaian konflik yang digunakan adalah Verbal Aggressiveness and Argumentativeness Strategies, Avoidance and Active Fighting Strategies, serta Force and talk strategies.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi penyelesaian konflik, komunikasi interpersonal, Married by Accident, awal pernikahan, studi kasus.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Yorin Smith
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:06
Last Modified: 10 Jan 2022 02:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27925

Actions (login required)

View Item View Item