Kajian literatur efektivitas dan keamanan empagliflozin pada pasien diabetes mellitus tipe 2 dengan komplikasi gagal jantung kongestif

Husen, Sylvia (2021) Kajian literatur efektivitas dan keamanan empagliflozin pada pasien diabetes mellitus tipe 2 dengan komplikasi gagal jantung kongestif. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (297kB)

Abstract

Diabetes mellitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin, atau kedua-duanya. Diabetes Mellitus diklasifikasikan menjadi 4 kategori yaitu Diabetes mellitus tipe 1, DM tipe 2, DM gestasional, dan DM tipe lain. DM tipe 2 menyumbang antara 90% sampai 95% dari diabetes. Empagliflozin merupakan obat golongan SGLT-2 inhibitor yang direkomendasikan oleh ADA pada pasien DMT2 dengan penyakit kardiovaskular aterosklerotik (ASCVD), gagal ginjal kronis, dan gagal jantung. Empagliflozin bekerja dengan cara menghambat reabsorbsi glukosa di tubulus proksimal dan memfasilitasi ekskresi glukosa melalui urin, sehingga dapat memperbaiki kontrol glikemik. Kajian literatur ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan keamanan penggunaan terapi empagliflozin pada pasien DMT2 dengan komplikasi gagal jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya. Proses pencarian artikel dalam kajian literatur ini menggunakan database PubMed dengan kombinasi kata kunci ("Diabetes Mellitus, Type 2/complications"[Mesh]) AND "empagliflozin" [Supplementary Concept], dan didapatkan 10 artikel yang memenuhi kriteria inklusi, yaitu 8 artikel dengan metode Randomized Con trol Trial (RCT) dan 2 artikel dengan metode Cohort. Hasil kajian literatur dari 10 artikel, menunjukkan bahwa Empagliflozin memiliki efektivitas dalam memperbaiki kondisi kardiovaskular pada pasien DMT2 dengan menurunkan HbA1c, tekanan darah, kejadian rawat inap gagal jantung, kematian akibat kardiovaskular, menurunkan angka kejadian major adverse Cardiovascular Event (MACE), dan mempunyai efek renoprotektif. Efek samping terjadi pada penggunaan empagliflozin adalah infeksi genital, infeksi saluran kemih, deplesi volume, dan ketoasidosis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mellow, Prettysun Ang
NIDN0721017901
prettysun_am@yahoo.com
Thesis advisor
Prawesti, Galuh Nawang
NIDN0718038703
galuh@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Empagliflozin, Diabetes Mellitus tipe 2, Komplikasi, kardiovaskular, Efektivitas, Keamanan
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Sylvia Husen
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:40
Last Modified: 22 Dec 2021 06:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27667

Actions (login required)

View Item View Item