Aktivitas public relations writing officer dalam pembuatan konten media sosial humas pemerintah kota Surabaya

Santoso, Zha Zha Elenita (2021) Aktivitas public relations writing officer dalam pembuatan konten media sosial humas pemerintah kota Surabaya. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Communication Science, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-rev.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hampir sebagian besar kegiatan kehumasan, termasuk humas pemerintah, adalah menulis. Dalam kerja praktik ini akan dibahas mengenai aktivitas Humas Pemerintah Kota Surabaya dalam membuat produk tulisan kehumasan. Di era serba media sosial, informasi yang disampaikan melalui platform daring tidak lepas dari penulisan narasi yang bertujuan untuk membentuk identitas dan citra positif Pemerintah Kota Surabaya. Narasi dalam konten berorientasi pada kebutuhan masyarakat Surabaya yang uniknya dianggap sebagai publik internal. Keterlibatan ini memosisikan aktivitas public relations writing officer menjadi kegiatan humas dalam ruang lingkup internal. Aktivitas public relations writing officer humas dimulai dari tahap perencanaan dengan menentukan topik dan pemetaan khalayak yang didiskusikan bersama tim dan karyawan humas, membuat naskah tulisan dimana humas dituntut untuk mengemas informasi dengan pemilihan kata dan gaya penulisan yang menjadi ciri khas Bangga Surabaya, serta melakukan evaluasi dengan kepala bagian divisi layanan informasi. Seluruh rangkaian ini dilakukan agar menghasilkan tulisan kehumasan yang tepat sasaran. Pada praktiknya, aktivitas public relations writing officer menjadi satu bagian dalam tim pembuat konten untuk media sosial Instagram dan TikTok. Adapun penulis menemukan perbedaan gaya penulisan antara akun Bangga Surabaya dengan Koridor Coworking Space walaupun sama-sama dikelola oleh Humas Pemerintah Kota Surabaya. Hal ini dipengaruhi oleh segmentasi audiens dan tujuan konten yang berbeda.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Akhsaniyah, .
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Humas pemerintah, public relations writing, masyarakat Surabaya
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Zha Zha Elenita Santoso
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:14
Last Modified: 08 Dec 2021 02:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27541

Actions (login required)

View Item View Item