Strategi komunikasi pemasaran hotel Majapahit Surabaya dalam mengelola reputasi

Waworuntu, Kezia Anabel (2021) Strategi komunikasi pemasaran hotel Majapahit Surabaya dalam mengelola reputasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (617kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi pemasaran hotel Majapahit Surabaya dalam mengelola reputasi hotel. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Analisa data dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori strategi komunikasi, strategi komunikasi pemasaran, bauran pemasaran dan SWOT analisis. Strategi komunikasi hotel Majapahit telah menerapkan teori strategi komunikasi secara put strategy, push strategy, pull strategy. Dalam put strategy, hotel menekankan untuk memilih media online sedangkan secara offline dilakukan dengan bekerjasama dengan pemerintahan setempat, perusahaan dan media massa. Pada push strategy, kinerja karyawan hotel Majapahit sangat professional yang bekerja sesuai SOP untuk hotel bintang lima. Dalam Pull Strategy pihak hotel menjaga image perusahaan dengan professional dan memiliki relasi yang baik dengan pelanggan perusahaan. Pihak hotel berusaha merubah asumsi negatif masyarakat dengan mengedukasi masyarakat bahwa hotel Majapahit adalah hotel heritage yang menjadi cagar budaya kota Surabaya dengan membuka paket historical hotel tour untuk memperlihatkan kepada masyarakat tentang keindahan arsitektur dan nilai sejarah hotel. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan bauran pemasaran (marketing mix) yaitu 4P, Product, Price, Place, Promotion menunjukkan bahwa Product hotel Majapahit memiliki mutu terbaik yaitu bangunan hotel tua namun tetap terjaga dan dirawat dengan baik, mempertahankan nilai keunikan dan sejarah. Dari segi Place, lokasi dari Hotel Majapahit sangat strategis yaitu berada di jantung kota Surabaya, dan tepat berada di central business district (CBD). Dalam hal Price harga hotel Majapahit mampu bersaing. Dalam hal Promotion, hotel Majapahit memaksimalkan promosi pemasaran dengan proaktif yang sebagain besar dilakukan secara online melalui media sosial facebook, instagram, melalui website hotel dan marketing Accor Group, melalui online travel agent seperti traveloka, booking.com, Agoda dan Tripadvisor. Hasil penelitian melalui analisa SWOT menunjukkan bahwa Strengths hotel berupa nilai sejarah, letak strategis, dan adanya kerjasama dengan pemerintahan, perusahaan dan Accor Group. Weaknesses berupa asumsi angker dari masyarakat dan black campaign dari hotel pesaing. Opportunities berupa memiliki pelanggan tetap, melakukan promosi secara tersistem dan kemitraan dengan Accor Group. Threats berupa adanya bad issues dari pesaing dan bad review secara online. Kesimpulan yang didapatkan bahwa dalam hal mengelola reputasi, pihak hotel Majapahit berhasil menjadikan hotel Majapahit terkenal sebagai hotel Heritage dan sebagai cagar budaya di kota Surabaya yang mempunyai nilai sejarah, memiliki seni arsitektur yang sangat tinggi dan berharga yang harus dilestarikan dan diwariskan ke generasi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Pemasaran, Reputasi
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 8938 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2021 08:41
Last Modified: 25 Nov 2021 08:41
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27474

Actions (login required)

View Item View Item