Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah pada siswa sekolah dasar

Priyono, Wahyu, Simanjuntak, Ermida and Dewi, Desak Nyoman Arista Retno (2015) Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah pada siswa sekolah dasar. Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah pada siswa sekolah dasar, 3 (2). pp. 1-12. ISSN 2252-7702, Jurnal Nasional tidak terakreditasi

[thumbnail of Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah pada siswa sekolah dasar] Text (Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah pada siswa sekolah dasar)
5-Pengaruh_metode_wayang_kulit_(Ermida).pdf

Download (354kB)
[thumbnail of Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah pada siswa sekolah dasar_peer_review_] Text (Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah pada siswa sekolah dasar_peer_review_)
13-R1&2-Pengaruh_metode_wayang_kulit_.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah pada siswa sekolah dasar] Text (Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah pada siswa sekolah dasar)
10-Pengaruh_metode_wayang_kulit__Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Eksistensi Bahasa Daerah perlu dilestarikan sehingga saat ini Bahasa Daerah masuk pada kurikulum SD. Salah satu permasalahan belajar Bahasa Daerah di sekolah adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pengajaran menggunakan wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa Daerah pada siswa SD. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimental dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 Sekolah Dasar St. Mary Surabaya yaitu kelompok eksperimen (N=11) dan kelompok kontrol (N=15). Alat ukur menggunakan skala motivasi belajar Bahasa Daerah dan treatment yang diberikan berupa 6 sesi pelajaran Bahasa Daerah menggunakan wayang kulit. Hasil penelitian yaitu independent sample t-test menunjukkan nilai t = -2.13 dengan p = 0.044 (p<0.05). Selain itu, seluruh subjek pada kelompok eksperimen memiliki skor motivasi belajar yang tinggi pada pengukuran posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pengajaran wayang kulit berpengaruh pada motivasi belajar Bahasa Daerah siswa kelas 3 SD St. Mary Surabaya. Sumbangan efektif variabel metode pengajaran wayang kulit adalah sebesar 16%. Saran yang dapat diberikan adalah metode wayang kulit dapat menjadi alternatif metode pengajaran Bahasa Daerah bagi sekolah dan penelitian selanjutnya dapat melakukan uji coba pada modul dan alat ukur serta mengembangkan alat ukur motivasi belajar siswa pada Bahasa Daerah.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional tidak terakreditasi
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, Bahasa Daerah, metode wayang kulit
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:39
Last Modified: 15 Aug 2022 08:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27464

Actions (login required)

View Item View Item