Pengembangan Produk Rak Buku Kardus “RackUs” dengan Metode QFD (Quality Function Deployment)

Panji, Wahyu, Halim, Johanes and Sari, Hartanti Lusia Permata (2016) Pengembangan Produk Rak Buku Kardus “RackUs” dengan Metode QFD (Quality Function Deployment). Pengembangan Produk Rak Buku Kardus “RackUs” dengan Metode QFD (Quality Function Deployment), 5 (2). pp. 1-9. ISSN 2302-5581, Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi

[thumbnail of Pengembangan Produk Rak Buku Kardus “RackUs” dengan Metode QFD (Quality Function Deployment)] Text (Pengembangan Produk Rak Buku Kardus “RackUs” dengan Metode QFD (Quality Function Deployment))
9-Pengembangan_produk_rak_buku_.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Pengembangan Produk Rak Buku Kardus “RackUs” dengan Metode QFD (Quality Function Deployment)_peer_review_] Text (Pengembangan Produk Rak Buku Kardus “RackUs” dengan Metode QFD (Quality Function Deployment)_peer_review_)
10-R1&2-Pengembangan_produk_rak_buku_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Pengembangan Produk Rak Buku Kardus “RackUs” dengan Metode QFD (Quality Function Deployment)] Text (Pengembangan Produk Rak Buku Kardus “RackUs” dengan Metode QFD (Quality Function Deployment))
10-Pengembangan_produk_rak_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Semua orang Indonesia dalam era seperti ini diwajibkan memiliki wawasan yang luas untuk bersaing dalam era persaingan global ini ditambah dengan semakin ketatnya persaingan pasar bebas saat ini. Membaca buku adalah salah satu cara untuk menambah wawasan. Dengan banyaknya buku pasti dibutuhkan suatu tempat untuk menyimpan buku-buku tersebut. Salah satu tempat untuk menampung buku-buku tersebut adalah rak buku. Terutama untuk mahasiswa yang sering membaca buku, pasti mempunyai banyak buku, namun belum mempunyai tempat penyimpanan buku, khususnya untuk Mahasiswa yang tinggal sendiri/kos. Cukup banyak juga mahasiswa yang kurang rapi untuk menata rapi buku-buku yang telah digunakan ataupun belum dibaca. Dengan kejadian tersebut banyak buku yang hilang atau terselip di suatu temmpat hanya karena tidak tertata dengan rapi atau tidak ditempatkan di rak buku. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka tercetuslah suatu produk rak buku, namun rak buku tersebut memakai bahan kardus. Dipilihnya bahan kardus karena setiap orang pasti memilikinya di rumah dan setiap produk pasti memiliki pembungkus yang berupa kardus, sehingga kardus ini harus dimanfaatkan agar tidak menumpuk di rumah. Kelebihan dari RackUs adalah kemudahan dalam pemasangan dan pembongkaran, ringan, harga terjangkau, dan tersedia berbagai fitur untuk menunjang fungsi utamanya sebagai rak buku. Pembuatan RackUs dilakukan dengan memanfaatkan metode QFD (Quality Function Deployment). Metode ini merupakan metode yang umum dipakai untuk sebuah pengembangan produk. Hasil penelitian ini adalah pembuatan prototype RackUs dengan skala 1:1 atau skala asli. Pengembangan produk ini menunjukkan bahwa hampir seluruh kebutuhan konsumen yang tertuang dalam voice of customer, hanya untuk harga saja yang belum terpenuhi. Kebutuhan yang telah terpenuhi adalah memiliki bentuk minimalis, memiliki warna yang beragam, memiliki sekat untuk pengelompokan buku, kemudahan dalam pemasangan, kemudahan dalam pembongkaran, dapat menampung buku secara maksimal, bahan kardus yang kuat, usia pemakaian lama, memiliki fitur roda, dilengkapi dengan fitur meja belajar, dilengkapi lampu penerangan, dilengkapi tempat penyimpanan alat tulis.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi
Uncontrolled Keywords: QFD, pengembangan produk, rak buku, voice of customer
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:24
Last Modified: 02 Feb 2022 08:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27426

Actions (login required)

View Item View Item