Kerangka Kerja Multimetodologi dalam Pengembangan Sistem Ketertelusuran untuk Rantai Pasok Pangan

Gunawan, Ivan (2021) Kerangka Kerja Multimetodologi dalam Pengembangan Sistem Ketertelusuran untuk Rantai Pasok Pangan. Kerangka Kerja Multimetodologi dalam Pengembangan Sistem Ketertelusuran untuk Rantai Pasok Pangan, 5 (1). pp. 41-50. ISSN 2541-5115, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4

[thumbnail of Kerangka Kerja Multimetodologi dalam Pengembangan Sistem Ketertelusuran untuk Rantai Pasok Pangan] Text (Kerangka Kerja Multimetodologi dalam Pengembangan Sistem Ketertelusuran untuk Rantai Pasok Pangan)
6-Kerangka_kerja_multimetodologi_.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of Kerangka Kerja Multimetodologi dalam Pengembangan Sistem Ketertelusuran untuk Rantai Pasok Pangan _peer_review_] Text (Kerangka Kerja Multimetodologi dalam Pengembangan Sistem Ketertelusuran untuk Rantai Pasok Pangan _peer_review_)
6-R1&2-Kerangka_kerja_multimetodologi_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Kerangka Kerja Multimetodologi dalam Pengembangan Sistem Ketertelusuran untuk Rantai Pasok Pangan] Text (Kerangka Kerja Multimetodologi dalam Pengembangan Sistem Ketertelusuran untuk Rantai Pasok Pangan)
6-Kerangka_kerja_multimetodologi_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ketertelusuran pangan (food traceability) mempunyai peran penting dalam menjaga kesinambungan rantai pasok pangan. Setiap pemain dalam suatu rantai pasok pangan harus dapat menciptakan ketertelusuran internal dan eksternal sehingga rantai ketertelusuran dapat tercipta. Namun, membangun sistem ketertelusuran pangan yang sesuai bagi suatu rantai pasok pangan tidak mudah. Pengembangan sistem ketertelusuran pangan diidentifikasi sebagai masalah yang kompleks karena sulitnya mengakomodasi variabilitas karakteristik setiap tahap dalam rantai pasok pangan dan adanya interdependensi antar tahap dalam rantai pasok pangan. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan pemasalahan kompleks tersebut diusulkan suatu pendekatan multimetodologi. Pendekatan multimetodologi diyakini mampu menyelesaikan permasalahan kompleks yang multidimensional. Artikel ini menguraikan kerangka kerja multimetodologi dalam pengembangan sistem ketertelusuran pangan yang melibatkan Integrasi Decision Making Trial and Evaluation Laboratory dan Interpretive Structural Modeling (DEMATEL-ISM) dan System Dynamics (SD). Industri minyak nabati yang mengelola produknya secara curah menjadi studi kasus yang menarik untuk pengembangan sistem ketertelusuran pangan karena di bagian hulu berada pada commodity focused chain dan di bagian hilir berada pada consumer driven value chain. Pada akhirnya, kerangka kerja multimetodologi terbukti efektif dalam menjawab pertanyaan penelitan tentang “Bagaimana mengembangkan sistem ketertelusuran yang sesuai bagi industri minyak nabati curah?”.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4
Uncontrolled Keywords: Food traceability, Kerangka kerja, Multimetodologi, Sistem ketertelusuran pangan
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:39
Last Modified: 04 Nov 2021 02:39
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27299

Actions (login required)

View Item View Item