Perbedaan Self-Disclosure Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert & Introvert Pada Remaja Pengguna Media Sosial Instagram Di Surabaya

Xaviera, Faustina, Prasetyo, Eli and Mulya, Happy Cahaya (2021) Perbedaan Self-Disclosure Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert & Introvert Pada Remaja Pengguna Media Sosial Instagram Di Surabaya. Perbedaan Self-Disclosure Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert & Introvert Pada Remaja Pengguna Media Sosial Instagram Di Surabaya, 9 (1). pp. 42-49. ISSN 2685-9963

[thumbnail of Perbedaan Suicide Ideation Pada Remaja Ditinjau Dari Big Five Personality Traits] Text (Perbedaan Suicide Ideation Pada Remaja Ditinjau Dari Big Five Personality Traits)
2-Perbedaan_suicide_.pdf

Download (857kB)
[thumbnail of Perbedaan Suicide Ideation Pada Remaja Ditinjau Dari Big Five Personality Traits] Text (Perbedaan Suicide Ideation Pada Remaja Ditinjau Dari Big Five Personality Traits)
2-Perbedaan_suicide_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Perbedaan Suicide Ideation Pada Remaja Ditinjau Dari Big Five Personality Traits_peer_review] Text (Perbedaan Suicide Ideation Pada Remaja Ditinjau Dari Big Five Personality Traits_peer_review)
3-R1&2-Perbedaan_suicide_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Suicide ideation adalah kecenderungan berpikir untuk merusak atau mematikan diri sendiri yang dilakukan secara sengaja. Suicide ideation dapat terjadi pada remaja karena salah satu faktor seseorang mengalami suicide ideation adalah karakteristik kepribadian. Tipe kepribadian yang digunakan dalam penelitian ini adalah big five personality traits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan suicide ideation pada remaja ditinjau dari big five personality traits. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala Big Five inventory (BFI) dan skala suicide ideation yang disusun oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 250 remaja di Surabaya dengan rentang usia 13-21 tahun. Data pada penelitian ini diolah dengan menggunakan teknik statistik non-parametrik Kruskall Wallis karena tidak memenuhi uji asumsi. Hasil pada penelitian ini mengatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada suicide ideation pada remaja ditinjau dari big five personality traits. Kepribadian big five yang terdiri dari openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism yang dominan pada remaja akan memberikan pengaruh terhadap kecenderungan berpikir untuk merusak atau mematikan diri sendiri yang dilakukan secara sengaja. Oleh karena itu, ada perbedaan ide bunuh diri pada remaja dikarenakan kepribadiannya dengan kepribadian neuroticism memiliki skor suicide ideation tertinggi kemudian diikuti dengan kepribadian openness, kepribadian conscientiousness, kepribadian extraversion, dan kepribadian agreeableness memiliki skor suicide ideation terendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Suicide Ideation; Big Five Personality Traits; Remaja.
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:35
Last Modified: 11 Oct 2021 04:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26978

Actions (login required)

View Item View Item