Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan pengenalan kosa kata bahasa mandarin anak usia 4-5 tahun di TK Citra Kasih Surabaya

Ngantung, Sherina Margaretha Wijayanti (2021) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan pengenalan kosa kata bahasa mandarin anak usia 4-5 tahun di TK Citra Kasih Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak - Sherina Boom boom.pdf

Download (843kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I - Sherina Boom boom.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II - Sherina Boom boom.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III - Sherina Boom boom.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV - Sherina Boom boom.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V - Sherina Boom boom.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Sherina Boom boom.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di TK Citra Kasih Surabaya kepada 19 anak TK-A usia 4-5 tahun tentang pengenalan kosa kata Bahasa Mandarin. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan pengenalan kosa kata Bahasa Mandarin anak usia 4-5 tahun di TK Citra Kasih. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan preeksperimental dengan one group pretest posttest design. Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang mengalami kesulitan untuk memahami Bahasa Mandarin menggunakan media flashcard. Hal ini disebabkan karena kota Surabaya yang memasuki zona merah penyebaran Covid19 sehingga kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan urutan perlakuan yaitu pretest, pemberian treatment, dan posttest. Data penelitian diperoleh melalui hasil pengerjaan lembar pretest, posttest dan hasil observasi selama pemberian treatment. Pelaksanaan treatment dilakukan dengan pemberian media audio visual Bahasa Mandarin tema binatang. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil analisa data mean, paired sample t-test dan n-gain. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS v25. Hasil perbandingan mean nilai pretest yaitu 40,3347 dan nilai posttest 83,7384 yang lebih tinggi dari nilai pretest. Hasil paired sample t adalah nilai sig (2-tailed) 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Nilai N-gain yang masuk dalam kategori sedang dan tinggi ada 18 anak. Hasil analisis yang telah dilakukan membuktikan bahwa menerima Ha dan menolak H0. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah media audio visual dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan kemampuan pengenalan kosa kata Bahasa Mandarin kepada anak usia 4-5 tahun di TK Citra Kasih Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Cresensia Dina Candra Kumala
NIDN0713058904
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kosa kata Bahasa Mandarin, media audio visual, pembelajaran daring, anak usia 4-5 tahun, pretest, postest.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 01 Dec 2021 00:51
Last Modified: 01 Dec 2021 01:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26921

Actions (login required)

View Item View Item