Pengembangan media pembelajaran berbasis game Treasure of Physics (TOP) pada pokok bahasan impuls dan momentum di kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Sasmita, Rossie Agnes (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis game Treasure of Physics (TOP) pada pokok bahasan impuls dan momentum di kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Rossieagn sasmita.pdf

Download (647kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Rossieagn sasmita.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Rossieagn sasmita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Rossieagn sasmita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Rossieagn sasmita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 - Rossieagn sasmita.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Rossieagn sasmita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran Treasure of Physics (TOP) berbasis Game untuk materi Impuls dan Momentum Tingkat X SMA HANG TUAH 4 Surabaya. Subjek penelitian eksperimen ini adalah 33 peserta didik kelas X. Permainan ini menggunakan program komputer Unity, dan media ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar fisika yang efektif dan mengikuti perkembangan zaman digital. Penelitian dan pengembangan adalah penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada. Produk dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Game Treasure of Physics (TOP). Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau (Reasearch and Development). Dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation and Evaluations). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA SMA HANG TUAH 4 Surabaya. Media dan perangkat pembelajaran divalidasi oleh ahli sebelum diimplementasikan ke peserta didik. Perangkat yang dikembangkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta rencana evaluasi (RE). Validasi menunjukkan media pembelajaran, RPP, dan RE sanagt valid dengan skor masing-masing adalah 3,60, 3,65, dan 3,62. Pada saat implementasi, peserta didik diberi pre dan post test sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media. Analisis dari pre- dan post-test menunjukkan nilai N-gain sebesar 0,81, yang dapat dikategorikan sebagai peningkatan tinggi. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan pada media pembelajaran berbasis Game Treasure of Physics (TOP) dengan pokok bahasan Impuls dan Momentum dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA HANG TUAH 4 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wijaya, Anthony
NIDN0715058503
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, media pembelajaran, impuls dan momentum.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:03
Last Modified: 13 Dec 2021 07:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26897

Actions (login required)

View Item View Item