Pengembangan lembar kerja peserta didik model pembelajaran problem based learning berbantuan PhET pokok bahasan gerak harmonik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAK Santo Carolus Surabaya

Pratiwi, Leony Eka (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik model pembelajaran problem based learning berbantuan PhET pokok bahasan gerak harmonik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAK Santo Carolus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak (3) - Leony Pratiwi.pdf

Download (962kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I (2) - Leony Pratiwi.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II (2) - Leony Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III (2) - Leony Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV (2) - Leony Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V (2) - Leony Pratiwi.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran (2) - Leony Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik model membelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET pokok bahasan gerak harmonik untuk meningkatkan hasil belajar beserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,dan Evaluation). Perangkat pembelajaran yang dilampirkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Rencana Evaluasi (RE). LKPD diujicobakan di kelas X IPA 2 SMA Santo Carolus Surabaya dalam pembelajaran online dengan pokok bahasan gerak harmonik. Hasil validasi RPP memperoleh skor 3,28 dengan kategori “baik”, LKPD memperoleh skor 3,02 dengan kategori “baik” dan Rencana Evaluasi memperoleh skor 3.19 dengan kategori “baik”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,35dengan kategori “baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,49 dengan kategori “sedang” dan hasil respon peserta didik yang didapatkan adalah 3,32 dengan kategori “baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja model pembelajaran problembased learningberbantuan PhET dengan pokok bahasan gerak harmonik dapat meningkatan hasil belajar peserta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Herwinarso, Herwinarso
NIDN0702066202
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: :Lembar kerja peserta didik, PhET, model pembelajaran PBL, gerak harmonik, hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:03
Last Modified: 13 Dec 2021 08:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26895

Actions (login required)

View Item View Item