Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) bebasis online dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto

Santoso, Eunike Giovanni (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) bebasis online dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (rev 2) - eunike gs.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - eunike gs.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - eunike gs.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - eunike gs.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4 (rev 2) - eunike gs.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
bab 5 (rev 2) - eunike gs.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (rev 2) - eunike gs.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan perangkat lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis online untuk siswa kelas XI pada pokok bahasan suhu dan kalor. Penelitian bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kevalidan perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Rencana Evaluasi (RE) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model pembelajaran berbasis online (E-Learning) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan suhu dan kalor, (2) Mendeskripsikan keterlaksanaan RPP selama pembelajaran pembelajaran berbasis online (E-Learning) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan suhu dan kalor, (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik model pembelajaran berbasis online (E-Learning) pada pokok bahasan suhu dan kalor, (4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik model pembelajaran berbasis online (E-Learning) pada pokok bahasan suhu dan kalor.Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap, yakni define, design, develop, dan disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan dalam penelitian ini. Pada tahap develop dilakukan penilaian ahli (expert appraisal).Perangkat pembelajaran telah divalidasi oleh dua validator sebelum diujicobakan ke 20 siswa kelas X-IPA 1 SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto. Hasil dari proses validasi menunjukkan bahwa perangkat lembar kerja peserta didik yang dikembangkan, rencana pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan, dan rencana evaluasi pembelajaran mendapatkan skor 3.56, 3.7, dan 3.35 (dari skala 4) masing-masing. Hasil yang diperoleh dari pengujian rencana pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan baik. Menurut hasil pre-test dan post-test, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,62. Selain itu, melalui kuisioner siswa, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan mendapatkan respon positif terhadap implementasinya. Kesimpulan yang didapatkan adalah perangkat pembelajaran yang dikembangkan mendukung dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama di saat pandemi seperti ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Winata, Soegimin Wahyu
0
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja peserta didik, online learning, inkuiri terbimbing, suhu dan kalor.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:53
Last Modified: 13 Dec 2021 07:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26877

Actions (login required)

View Item View Item