Peran graphic designer dan mdeg editor dalam proses produksi konten kreatif pada media sosial instagram @rangkul.corak

Swastika, Nirra (2021) Peran graphic designer dan mdeg editor dalam proses produksi konten kreatif pada media sosial instagram @rangkul.corak. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Communication Science. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK revisi.pdf

Download (992kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Nirra Swastika.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Nirra Swastika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Nirra Swastika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Nirra Swastika.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Nirra Swastika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bayang-bayang stigma dan diskriminasi memang tidak lepas dari komunitas LGBTQ. Isu ini seperti sulit untuk dihadapi karena adanya argumen terkait agama. Namun, dengan adanya konten kreatif pada media sosial Instagram ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengedukasi diri mengenai LGBTQ. Konten kreatif merupakan data dan informasi yang dikemas sekreatif mungkin untuk memberi nilai tambah kepada penerima. Konten kreatif dapat berisi tulisan, gambar, dan video. Konten kreatif yang akan disajikan adalah karya visual, yaitu desain grafis dan karya audio visual, yaitu video yang dikemas sekreatif mungkin agar sesuai dengan target sasaran dari karya yang diunggah di Instagram @rangkul.corak. Pada laporan proyek kerja praktik ini, penulis akan membahas mengenai proses pembuatan karya desain grafis dan video. Penulis yang berperan sebagai graphic designer sekaligus video editor ini memiliki tiga tahapan penting dalam melakukan proses produksi. Sebagai graphic designer, pada tahapan pra- produksi, penulis harus mencari referensi yang kemudian dibuat menjadi moodboard. Kemudian tahapan pelaksanaan produksi, penulis mulai mengeksekusi ide rekan menjadi karya desain grafis menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Terakhir tahapan pasca produksi penulis melakukan evaluasi karya. Sebagai video editor, tahap pra-produksi penulis menyiapkan potongan rekaman yang telah direkam. Kemudian tahap pelaksanaan produksi penulis menyunting dengan menggabungkan potongan video agar sesuai dengan jalan cerita yang dibuat rekan. Terakhir pada tahap pasca produksi sebagai video editor, penulis melakukan tayangan ulang hasil editing untuk dievaluasi dan revisi.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugraheni, Yuli
NIDN0630077303
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Graphic Designer, Editor, LGBTQ, Instagram
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:10
Last Modified: 04 Oct 2021 06:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26794

Actions (login required)

View Item View Item