Strategi komunikasi pemasaran terpadu berbasis digital (Studi kasus pada SAGA Contractor dalam menghadapi pandemi Covid- 19)

Nome, Debora Fransisca (2021) Strategi komunikasi pemasaran terpadu berbasis digital (Studi kasus pada SAGA Contractor dalam menghadapi pandemi Covid- 19). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - yohana nome (1).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I - yohana nome (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II - yohana nome (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III - yohana nome (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV - yohana nome (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V - yohana nome.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - yohana nome (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SAGA Contractor merupakan sebuah perusahaan jasa konstruksi dan konsultasi bangunan yang berdiri sejak tahun 2004. Sebagaimana jasa konstruksi dan properti pada umumnya yang mengandalkan promosi langsung sebelum masa pandemi Covid-19, SAGA Contractor juga kehilangan salah satu bentuk kegiatan pemasaran penting dalam usahanya selama pandemi, yakni pameran. Hal ini disebabkan komunikasi secara tatap muka dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan kumpulan orang atau kerumunan, tidak diperbolehkan. Sehingga, medium digital menjadi yang aset dapat diandalkan untuk melakukan kegiatan komunikasi pemasaran perusahaan. Adapun konsep komunikasi pemasaran yang paling relevan untuk menganalisa kasus ini adalah komunikasi pemasaran terpadu atau integrated marketing communication. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara interview dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran terpadu berbasis digital yang dilakukan oleh perusahaan SAGA Contractor dalam menghadapi pandemi Covid-19 adalah mengidentifikasi khalayak di ranah digital dan melakukan pengelolaan media sosial beserta dengan situs resmi perusahaan. Dua strategi tersebut dilakukan berdasarkan analisis terhadap kondisi perusahaan semasa pandemi Covid-19 serta perubahan situasi pasca pandemi Covid-19. Pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran terpadu berbasis digital yang dilaksanakan oleh SAGA Contractor di masa pandemi Covid-19 dinilai jauh lebih efektif dibandingkan strategi sebelumnya yaitu pameran. Hal ini didasarkan pada kenaikan perubahan jumlah kuantitas klien potensial dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Purnama, Finsensius Yuli
NIDN0719078401
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Akhsaniyah, Akhsaniyah
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu, Pemasaran Digital, SAGA Contractor
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 05 Oct 2021 06:54
Last Modified: 05 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26524

Actions (login required)

View Item View Item