Cahyono, Shabrina Windy (2021) Analisis dan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) atas siklus pembelian bahan baku pada perusahaan konstruksi bangunan (Studi kasus pada PT. Barito Anugrah Sejati). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
3203017282_SHABRINA_ABSTRAK - Shabrina Windy.pdf Download (741kB) |
|
Text (BAB 1)
3203017282_SHABRINA_BAB 1 - Shabrina Windy.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 2)
3203017282_SHABRINA_BAB 2 - Shabrina Windy.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
Text (BAB 3)
3203017282_SHABRINA_BAB 3 - Shabrina Windy.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text (BAB 4)
3203017282_SHABRINA_BAB 4 - Shabrina Windy.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
3203017282_SHABRINA_BAB 5.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
3203017282_SHABRINA_LAMPIRAN - Shabrina Windy.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan objek PT. Barito Anugrah Sejati yang berlokasi di Jalan Dukuh No. 54 Surabaya. PT. Barito Anugrah Sejati bergerak dalam bidang jasa konstruksi bangunan dengan aktivitas bisnis meliputi perancangan, perencanaan, serta pembangunan. Beberapa permasalahan yang ditemukan pada PT. Barito Anugrah Sejati yaitu form permintaan barang kurang memadai karena tidak adanya salinan dokumen, sehingga bagian pelaksana tidak memiliki arsip dokumen. Purchase order yang tidak konsisten dibuat, sehingga tidak ada dokumen yang dapat digunakan untuk melakukan pencocokan barang dan pencocokan invoice ketika melakukan pembayaran kepada supplier. Tidak dibuatnya laporan penerimaan barang ketika barang diterima, sehingga barang yang diterima tidak terdata dengan baik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menganalisis dan merancang prosedur operasional standar (POS) siklus pembelian PT. Barito Anugrah Sejati. Penelitian ini memiliki desain penelitian deskriptif studi kasus serta menggunakan data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahapan penelitian ini, yaitu menganalisis prosedur, dokumen, serta aktivitas pengendalian siklus pembelian, melakukan evaluasi dan perancangan ulang prosedur, dokumen, serta aktivitas pengendalian siklus pembelian, dan melakukan perancangan POS yang sesuai dengan proses bisnis perusahaan. Hasil penelitian ini berupa pembaruan form permintaan barang, rancangan dokumen purchase order, rancangan laporan penerimaan barang, POS pembelian dan retur pembelian bahan baku. Dengan adanya POS perusahaan akan memiliki proses bisnis yang terstruktur, efektif dan efisien, memiliki dokumen yang memadai, serta membantu karyawan memahami tugas dan tanggungjawabnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Akuntansi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Tambunan, Tigor B. NIDN0720027201 UNSPECIFIED Thesis advisor Wijaya, Hendra NIDN0718108506 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Akuntansi, Siklus Pembelian Bahan Baku, Prosedur Operasional Standar, Perusahaan Konstruksi Bangunan |
Subjects: | Business > Accounting |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Thomas Aryanatan Lena |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 03:44 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 03:44 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26512 |
Actions (login required)
View Item |