Pengaruh mekanisme tata kelola dan ukuran perusahaan terhadap laporan terintegrasi pada perusahaan manufaktur

Wahyudin, Rian Septian (2021) Pengaruh mekanisme tata kelola dan ukuran perusahaan terhadap laporan terintegrasi pada perusahaan manufaktur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Rian Septian.pdf

Download (892kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Rian Septian.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Rian Septian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Rian Septian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Rian Septian (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 - Rian Septian.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran - Rian Septian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)

Abstract

Pada awalnya pelaporan perusahaan hanya memuat informasi berkaitan keuangan saja. Informasi mengenai lingkungan, sosial, keberlanjutan bisnis, tata kelola dan yang lainnya diabaikan dalam pelaporan sehingga menyulitkan para pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu perusahaan harus menyediakan laporan yang sepenuhnya mengintegrasikan informasi keuangan dan non-keuangan perusahaan seperti masalah governance, environmental dan social issues, sehingga laporan terintegrasi dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Variabel yang akan dibahas dalam penelitian ini diantaranya adalah komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan terhadap laporan terintegrasi pada perusahaan manufaktur. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan tahunan yang diperoleh dari www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama 3 tahun berturut-turut yakni dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2019. Sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah 33 perusahaan sampel sehingga didapatkan total 99 sampel. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel komisaris independen dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap laporan terintegrasi. Sedangkan variabel komite audit berpengaruh positif terhadap laporan terintegrasi. Sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap laporan terintegrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugraheni, Bernadetta Diana
NIDN07233087001
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, laporan terintegrasi
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:33
Last Modified: 14 Sep 2021 03:33
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26499

Actions (login required)

View Item View Item