Pengaruh sensitivitas industri, struktur kepemilikan,ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap environmental disclosure

Wijaya, Ayu Evita (2021) Pengaruh sensitivitas industri, struktur kepemilikan,ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap environmental disclosure. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Ayu Evita Wijaya.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Ayu Evita Wijaya.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Ayu Evita Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Ayu Evita Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Ayu Evita Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 - Ayu Evita Wijaya.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Ayu Evita Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)

Abstract

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, perusahaan yang baik akan memperhatikan konsep triple bottom line yang mencakup 3P yaitu People (Masyarakat), Planet (Lingkungan), dan Profit (Laba). Adanya konsep triple bottom line ini diharapkan perusahaan ketika menjalankan proses bisnisnya tidak hanya terpaku pada mencari laba tetapi juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat serta dampak negatif yang timbul dari kegiatan operasional perusahaan terhadap lingkungan. Kewajiban terhadap lingkungan yang telah dilakukan perusahaan perlu diungkapkan sehingga diketahui oleh pemangku kepentingan. Jika perusahaan melakukan pengungkapan lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab dari aktivitas bisnisnya, maka akan mendapat citra baik di mata masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji sensitivitas industri, struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap environmental disclosure. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif berupa laporan tahunan serta laporan keberlanjutan yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda dengan didahului uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa sensitivitas industri, struktur kepemilikan yang diwakili oleh kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap environmental disclosure. Struktur kepemilikan yang diwakili oleh kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun di luar negeri konsep tanggung jawab sosial sangat diperhatikan, namun tidak memberikan jaminan bahwa adanya kepemilikan oleh pihak asing akan membawa pengaruh pada pengungkapan informasi terkait lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Lindrawati, Lindrawati
NIDN0726127310
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Susanto, Adi
NIDN0720107504
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sensitivitas industri, struktur kepemilikan, kepemilikan manajerial, kepemilikan asing, ukuran perusahaan, profitabilitas, environmental disclosure.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Christina Handini N
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:30
Last Modified: 09 Sep 2021 06:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26470

Actions (login required)

View Item View Item