Laporan kerja praktek pembuatan liquid CO2 dengan teknologi carbon capture and storage (CCS)

Siola, Maria Caritas Vereintina and Ariandini, Benedikta Hervina (2020) Laporan kerja praktek pembuatan liquid CO2 dengan teknologi carbon capture and storage (CCS). Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Maria Caritas.pdf

Download (785kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I - Maria Caritas.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II - Maria Caritas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III - Maria Caritas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV - Maria Caritas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya dunia industri maka jumlah emisi CO2 semakin tahun semakin meningkat, salah satu industri penyumbang emisi CO2 adalah industri semen. Industri semen menyumbangkan sebesar 8% dari total gas CO2 yang diemisikan ke atmosfer. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi emisi CO2 ke atmosfer salah satunya adalah teknologi Carbon Capture and Storage (CCS). Secara garis besar, teknologi CCS ini terdiri atas serangkaian proses yaitu pengambilan CO2 dari hasil pembakaran maupun proses industri, transpor CO2 dan penyimpanan serta isolasi CO2 dalam kurun waktu lama. Teknologi CCS dapat diaplikasikan pada industri semen sebagai solusi untuk mengurangi emisi CO2. Teknologi CCS dapat diaplikasikan menggunakan metode post-combustion, kemudian dilanjutkan dengan melakukan pemisahan CO2 (scrubbing) menggunakan pelarut monoetanolamina (MEA). Tidak hanya berhenti sampai pemisahan dan penyimpanan CO2 saja namun inovasi yang diunggulkan adalah dengan pemanfaatan kembali CO2 berlimpah yang dihasilkan dari industri semen menjadi produk yang dapat dikomersiilkan ke industri yang mengaplikasikan CO2 dalam bentuk liquid CO2 pada proses produksinya.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ismadji, Suryadi
NIDN0721126901
UNSPECIFIED
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 24 Mar 2022 00:33
Last Modified: 24 Mar 2022 00:33
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26358

Actions (login required)

View Item View Item