Hubungan antara stres dengan durasi bermain game online pada remaja di Surabaya

Dewangga, Ignatius Yuda (2021) Hubungan antara stres dengan durasi bermain game online pada remaja di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Ignatius Yuda Dewangga.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Ignatius Yuda Dewangga.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Ignatius Yuda Dewangga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Ignatius Yuda Dewangga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Ignatius Yuda Dewangga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA - Ignatius Yuda Dewangga.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Ignatius Yuda Dewangga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy

Abstract

Game online merupakan sebuah permainan yang menggunakan jaringan internet dimana antar individu dapat berinteraksi dengan individu lain untuk menyelesaikan misi, dan meraih nilai tertinggi di dalam dunia virtual (Young, 2009). Stres merupakan kondisi yang disebabkan oleh interaksi antara individu dengan lingkungannya, kemudian menimbulkan persepsi jarak antara tuntutan-tuntutan yang berasal dari situasi yang bersumber pada sistem biologis, psikologis dan sosial dari individu tersebut (Serafino, 2010). Durasi merupakan lamanya waktu terjadinya suatu peristiwa, dimana seberapa lama individu melakukan suatu peristiwa (Chaplin, 2014). Lama durasi remaja dalam bermain game dapat disebabkan karena memiliki tingkat stres yang lebih tinggi daripada orang lain. Penelitian ini melibatkan 74 responden remaja se-Surabaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan skala DASS untuk mengukur stres remaja dan pertanyaan terbuka guna mengukur durasi bermain game online. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara durasi bermain game online dengan stres pada remaja di Surabaya yang berarti terdapat hubungan yang signifikan pada kedua variabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (sig < 0,05) dengan koefisien korelasi sebesar 0,282. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara stres dengan durasi bermain game online pada remaja di Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sudagijono, Jaka Santosa
NIDN0721087302
jaka_s@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Mulya, Happy Cahaya
NIDN0703109401
happycahaya@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Game online, Stres, Remaja
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Josefine Hira Eksi
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:44
Last Modified: 01 Sep 2021 04:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26165

Actions (login required)

View Item View Item