Tinjauan ilmiah smart vehicle system

Gita, Gusti Sri Nareswara (2021) Tinjauan ilmiah smart vehicle system. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak KP - gusti rikiru.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1 KP - gusti rikiru.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 KP - gusti rikiru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 KP - gusti rikiru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 KP - gusti rikiru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 KP - gusti rikiru.pdf

Download (600kB)

Abstract

Saat ini alat transportasi sudah menjadi kebutuhan dasar didalam masyarakat. Dengan semakin banyak nya penduduk tentu semakin banyak pula kebutuhan tentang transportasi ini. Namun, seiring meningkatnya jumlah alat transportasi yang ada di masyarakat maka meningkat pula resiko timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk mencegah hal itu terjadi maka diperlukan sebuah pengaman kendaraan sehingga dapat meminimalisir hal tersebut. Sistem pendeteksi kecelakaan akibat tabrakan dibuat dengan menggunakan sensor accelerometer dan sensor piezeoelectric. Lalu menggunakan Global Postioning System (GPS) dan Global System for Mobile Communication (GSM) secara realtime melacak kendaraan saat terjadinya kecelakaan sehingga dapat memberikan lokasi tempat kecelakaan terjadi. Modul GPS digunakan untuk melacak posisi kendaraan dalam bentuk nilai seperti lintang dan bujur. Menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) untuk pengaman pada kendaraan dan sistem anti-pencurian. Kunci kontak dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi saat pencuri berusaha untuk membuka paksa kunci kontak dan ketika pencurian terdeteksi, aplikasi kontrol GSM digunakan mengontrol kendaraan dari jarak jauh. Kelebihan dari kedua sistem di sini terletak pada pemberitahuan lokasi pada kendaraan baik untuk kecelakaan dan untuk pencurian mobil. Kekurangannya dari sistem ini terdapat pada tidak adanya sistem yang dapat meminimalisir kecelakaan dan pencurian kecuali pada sumber pustaka pertama. Kesimpulan pada kedua sistem ini memfokuskan sistem Smart Vehicle kepada pemberitahuan lokasi kendaraan pada saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Agustine, Lanny
NIDN0730087801
UNSPECIFIED
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:19
Last Modified: 31 Aug 2021 02:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26113

Actions (login required)

View Item View Item